Home / Ilmuwan / Al-Khawarizmi Bapak Matematika Islam

Al-Khawarizmi Bapak Matematika Islam

Al-Khawarizmi Bapak Matematika Islam

 al-khawarizmi

Al-Khawarizmi adalah abu ja’far Muhammad bin musa Al-Khawarizmi . ia lahir pada tahun 780 di Khwarizmi , sebuah kota kecil di pinggiran sungai Oxus, Uzbekistan . ia dipanggil dengan sebutan Al-Khawarizmi, untuk menunjukkan tempat kelahirannya. Di Barat , terutama di Eropa , Al-Khawarizmi lebih dikenal dengan nama Algoarismi, algoarism , atau Algoritma. Ketika Al-Khawarizmi masih kecil , kedua orang tuanya pindah dari Uzbekistan menuju Baghdad, irak . pada masa itu , Irak berada di bawah pemirintaham khalifah al – Ma’mun ( 813 – 833 ) .

Al-Khawarizmi terkenal karena Teori Algoritmanya . selain itu  Al-Khawarizmi juga menciptakan teori matematika lain. Misalnya , Al-jabar , yang disebut aritmetika ( ilmu hitung ) oleh para ilmuwan Barat . Pada masa itu , aljabar menggunakan angka – angka Arab . Al-jabar diambil dari kata depan judul buku yang dikarangnya , yaitu al–jabr wa al–Maqabilah . Dalam buku ini , ia merumuskan dan menjelaskan secara detail Tabel Trigonometri . Tak hanya itu , buku tersebut juga memperkenalkan sejumlah Teori Kalkulus dasar . kehebatan Al-Khawarizmi dianggap sebagai tokoh paling penting dalam sejarah perkembangan ilmu matematika , terutama aljabar . dia adalah ilmuwan muslim pertama yang terkenal di bidang ini . sebuah karangan al -Khawarizmi yang dianggap penting dan telah disalin dalam bahasa latin adalah adalah trattari d’Arithmetica . buku tersebut membahas beberapa soal hitungan , asal – usul angka , dan sejarah angka – angka yang sekarang ini kita gunakan . Trattari d’Aritmetica di terbitkan pada tahun 1857 di Roma .

Pada era Copernicus, seseorang tidak bisa disebut sebagai ahli matematika jika tidak mampu menganalisa karya ilmiah para ahli matematika terdahulu . oleh karena itu , para ahli pada masa itu berlomba – lomba menyalin beberapa contoh praktis untuk dianalisa , misalnya tentang perhitungan ketinggian gunung , kedalaman lembah , dan jarak antara dua buah objek , atau permukaan yang tidak rata. Al– khawarizmi sendiri menganalisa dan mengoreksi yang terdapat dalam sebuah tulisan mengenai aljabar karya Diophantus dari Yunani ( 250 SM ) . ia menjelaskan kembali teori ciptaan Diophantus , sebelum kemudian Al-Khawarizmi mengembangkannya . selain itu , Al-Khawarizmi  juga menambahkan beberapa rumus lain , seperti rumus segitiga , dan menyusun Daftar Logaritma .

Baca Juga  Biografi Ibnu Batutah

Al-Khawarizmi juga menghasilkan karya di bidang astronomi . ia membuat sebuah tabel  yang khusus  mengelompokkan ilmu perbintangan ini. Pada awal abad XII, sejumlah karya Al-Khawarizmi di terjemahkan dalam bahasa latin oleh adelard of bald an gerard of Cremona . selanjutnya , karya Al-Khawarizmi versi bahasa Latin tersebut diterjemahkan lagi dalam sejumlah bahasa yang digunakan di Eropa . terakhir , karya tersebut di terjemahkan dalam bahasa china . beberapa universitas di eropa menggunakan buku karya al–khawarizmi sebagai bahan acuan dan buku teks pelajaran untuk para mahasiswanya hingga memasuki pertengahan abad XVI.

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter ponpesalbadar

====

comments
x

Check Also

tsabit bin qurrah

Biografi Dan Karya Tsabit Bin Qurrah

Biografi Dan Karya Tsabit Bin Qurrah Tsabit Bin Qurrah atau Abul Hasan Tsabit bin Qurra’ ...