Home / Ulumuddin / Alam Barzah, Pemisah Kehidupan Dan Kematian

Alam Barzah, Pemisah Kehidupan Dan Kematian

Seringkali kita mendengar tentang alam barzah, dalam Al-Qur’an alam barzah bermakna ganda,berkaitan dengan dunia  yaitu pemisah dua air yang berdampingan di laut sedangkan berkaitan dengan akhirat adalah sesuatu yang berada diantara kehidupan dan kematian.

Hal ini didasarkan dalam Al-Qur’an Surah Al-Mu’minun ayat 100 :

لَعَلِّيٓ أَعۡمَلُ صَٰلِحٗا فِيمَا تَرَكۡتُۚ كَلَّآۚ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَآئِلُهَاۖ وَمِن وَرَآئِهِم بَرۡزَخٌ إِلَىٰ يَوۡمِ يُبۡعَثُونَ ١٠٠

Artinya : agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan

mati suri 300x207 - Alam Barzah, Pemisah Kehidupan Dan Kematian

Syekh Mutawalli Sya’rawi menjelaskan bahwa makna kata al-barzah ssebagai tempat yang terkenal dalam Al-Qur’an sebagai fase sesudah mati. Seseorang tidak mungkin kembali kedunia.

Para syuhada bahkan memohon agar dikembalikan kedunia agar mengabarkan ketika mereka melihat nikmat agung yang telah dipersiapkan oleh Allah SWT.

Karena itu Allah SWT berfirman kepada mereka, “ sungguh aku telah menetapkan atas kalian bahwa barang siapa yang telah keluar dari kehidupan dunia, ia tidak akan bisa kembali lagi “.

Adapun alam barzah yang berkaitan dengan dunia, dalam kamus Arab didefinisikan sebagai sebuah pemisah diantara dua hal seperti pemisah antara pertemuan air laut yang asin dengan air yang tawar. Keduanya akan tampak berbeda karena terlihat adanya pemisah.

Pengertian alam barzah merujuk kepada pulau yang berada ditengah laut. Pulau ini dianggap sebagai salah satu pemisah terbesar yang diciptakan Allah SWT. Fungsinya bukan untuk menyekat dan menghalangi air agar tidak saling tercampur, melainkan sebagai pemisah yang berupa tanah atau batu untuk melindungi tepian laut dan orang orang yang hidup diatas pulau itu tidak tenggelam.

۞وَهُوَ ٱلَّذِي مَرَجَ ٱلۡبَحۡرَيۡنِ هَٰذَا عَذۡبٞ فُرَاتٞ وَهَٰذَا مِلۡحٌ أُجَاجٞ وَجَعَلَ بَيۡنَهُمَا بَرۡزَخٗا وَحِجۡرٗا مَّحۡجُورٗا ٥٣

Artinya : Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.

Demikian artikel singkat mengenai alam barzah, semoga bermanfaat.

====

Silahkan like Facebook Fan Page albadarparepare atau follow twitter ponpesalbadar

====

Facebook Comments
x

Check Also

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Sogok Menyogok Sogok menyogok atau risywah atau dalam bahasa kita “ rasuah “ adalah ...