Home / Ulumuddin / Fiqh / Syakhsiyah / Cara, Niat dan Doa Shalat Taubat

Cara, Niat dan Doa Shalat Taubat

Cara, Niat dan Doa Shalat Taubat

Pengertian Shalat Taubat

shalat taubatShalat taubat adalah shalat yang dilaksanakan setelah seseorang melakukan dosa atau merasa telah melakukan dosa kemudian bertaubat kepada Allah SWT.

Bertaubat dari suatu dosa bermakna sebuah penyesalan atas perbuatan yang telah dilakukannya dan berniat tidak akan melakukannya lagi disertai permohonan ampunan kepada Allah SWT

Shalat taubat merupakan solusi atau jalan sebagaimana anjuran Rasulullah SAW agar ummatnya yang melakukan dosa bersegera melaksanakan shalat taubat dalam hadits-Nya yang berbunyi :

مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا، ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرثُمَّ يُصَلِّىثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّه؛َ إِلاَّ غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ثُمَّ قَرَأَ هَذِهِ الآيَةَ وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ اولئك جزاءهم مغفرة من ربهم وجنات تجرى من تحتهاالانهار خالدين فيها

Niat Shalat Taubat

Niat shalat taubat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

Cara Melaksanakan Shalat Taubat

Dalam pelaksanaan shalat taubat seperti halnya shalat sunat yang lain sesungguhnya tidak ada perbedaan jumlah rakaat, jumlah rakaat sholat taubat 2 , 4, dan 6 rakaat. Untuk hal yang berkaitan bacaan shalat taubat maka dianjurkan :

pada rakaat pertama : Membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Kafirun,

rakaat kedua: membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Ikhlas.

Doa Shalat Taubat

استغفرالله العظيم الذى لااله الاهو الحي القيوم واتوب اليه توبة عبد ظالم لايملك لنفسه ضراولا نفعا ولاموتا ولاحياة ولانشورا.

Artinya : saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang senantiasa hidup dan mengawasi, saya memohon taubat kepada-Nya sebagaimana taubatnya hamba yang dholim yang berdosa tidak memiliki daya upaya untuk berbuat mudharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.

اللهم أنت ربيى لااله الا انت خلقتنى واناعبدك وانا على عهدك ووعدك مااستطعت. اعوذبك من شرّ ماصنعت ابوء لك بنعمتك علىّ وابوء بذنبي فاغفرلى لايغفر الذّنوب الا انت

 Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.

Demikian artikel mengenai cara, niat dan doa shalat taubat, semoga bermanfaat.

====

Silahkan like Facebook Fan Page albadarparepare atau follow twitter ponpesalbadar

====

Cara, Niat dan Doa Shalat Taubat Pengertian Shalat Taubat Shalat taubat adalah shalat yang dilaksanakan setelah seseorang melakukan dosa atau merasa telah melakukan dosa kemudian bertaubat kepada Allah SWT. Bertaubat dari suatu dosa bermakna sebuah penyesalan atas perbuatan yang telah dilakukannya dan berniat tidak akan melakukannya lagi disertai permohonan ampunan kepada Allah SWT Shalat taubat …

Review Overview

Cara, Niat dan Doa Shalat Taubat

Summary : M. Nawir Mansyur

User Rating: 4.75 ( 1 votes)
100