Home / Kumpulan Doa dan Kisah / Kerajaan Babilonia, Negeri Para Penyihir

Kerajaan Babilonia, Negeri Para Penyihir

Kerajaan Babilonia, Negeri Para Penyihir

kerajaan babiloniaKerajaan Babilonia merupakan sebuah kerajaan yang berada di kota Hillah di wilayah Irak, Kota tua Babilonia berada diantara sungai yang terkenal, yaitu sungai Tigris dan Eufrat.

Kerajaan Babilonia dipimpin oleh seorang raja yang terkenal bernama Hammurabi. Pada masa pemerintahan Hammurabi inilah Kerajaan Babilonia menjelma menjadi kekuatan yang sangat menakutkan, karena ditopang dengan kemunculan dua orang penyihir yang bernama Harut dan Marut.

Kedua penyihir ini jelas diceritakan dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah 102 :

وَمَا أُنْزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوتَ وَمَارُوتَ (١٠٢)

Artinya : .. Dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil Yaitu Harut dan Marut

Para mufassirin berlainan Pendapat tentang yang dimaksud dengan 2 orang Malaikat itu. ada yang berpendapat, mereka betul-betul Malaikat dan ada pula yang berpendapat orang yang dipandang saleh seperti Malaikat dan ada pula yang berpendapat dua orang jahat yang pura-pura saleh seperti malaikat.

Para penyihir itu juga memiliki kemampuan membangun bangunan yang menakjubkan seperti Taman Gantung Babilonia, salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno. Konon Taman Gantung itu dibangun sebagai bentuk persembahan kepada Ratu Amyitis, yang tak lain adalah istri Raja Nebukadnezar.

Pada abad 2 SM terjadi pertempuran antar a bangsa Assyria melawan Kerajaan Babilonia yang dimenangkan bangsa Assyria, hingga pada tahun 625 SM muncul seorang pemimpin yang berasal dari bangsa Babilonia bernama Nabopolassar mendeklarasikan kemerdekaan negerinya. Lalu Nabopolassar kemudian digantikan oleh putranya yang bernama Nebukadnezar yang melanjutkan sebagai raja terbesar diwilayah timur ditandai dengan ekspansi kekuasaan meluas hingga Syam dan Palestina.

Dibawah kepemimpinan Nebukadnezar, Kerajaan Babilonia berhasil pula menaklukkan bangsa Israel, membakar rumah dan tempat ibadah,serta membawa orang-orangnya sebagai tawanan ke Babilonia. Dan para tawanan Yahudi tersebut baru terbebas setelah Koresy (Cyrus)  dari Persia menaklukkan babilonia pada tahun 539 SM.

Kemunduran yang terjadi di Kerajaan Babilonia tak lain disebabkan karena pada masa lalu, Babilonia adalah Ibukota negara timur kuno terkaya sehingga berakibat pada gaya hidup boros dan mewah para penduduknya.

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter ponpesalbadar

====

 

Kerajaan Babilonia, Negeri Para Penyihir Kerajaan Babilonia merupakan sebuah kerajaan yang berada di kota Hillah di wilayah Irak, Kota tua Babilonia berada diantara sungai yang terkenal, yaitu sungai Tigris dan Eufrat. Kerajaan Babilonia dipimpin oleh seorang raja yang terkenal bernama Hammurabi. Pada masa pemerintahan Hammurabi inilah Kerajaan Babilonia menjelma menjadi kekuatan yang sangat menakutkan, karena …

Review Overview

Kerajaan Babilonia, Negeri Para Penyihir

User Rating: Be the first one !
100