Home / Ulumuddin / Fiqh / Pahala Dan Hukum Shalat Berjamaah

Pahala Dan Hukum Shalat Berjamaah

shalat berjamaah

Shalat berjamaah dalam menunaikan shalat fardhu lebih diutamakan pelaksanaannya daripada melaksanakan shalat fardhu secara sendiri, betapa pentingnya shalat berjamaah ditegaskan oleh Rasulullah SAW melalui hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah :

عَنْ أَبي هُرَيْرَةَ رَضيَ اللهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: وَالَّذِي نَفْسِيْ بيَدِهِ , لَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ امُرَ بحَطَبٍ فَيُحْطِبَ, ثُمَّ امثرَ با الَّصَلاَة فَيُؤَذَّنَ لَهَا و ثُمَّ أُخَالِفَ إلَى رِجَالٍ فَأُحَرِّقَ عَلَيْهِمْ بُيُوْتَهُمْ , وَالَّذِي نَفْسيْ بيَده لَوْ يَعْلَمُ أَحَدُهُمْ: أَنَّهُ يَجِدُ عَرْقًا سَمِيْنًا , أَوْ مِرْمَاتَيْنِ حَسَنَتَيْنِ, لَشَهِدَ الْعِشَاءِ.

Artinya : Dari Abu Hurairah Ra : Rasulullah SAW bersabda, “ demi yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya, aku pernah berniat untuk memerintahkan mengumpulkan kayu api dan meminta seseorang untuk mengumandangkan azan untuk mengerjakan shalat lalu memerintahkan seseorang untuk memimpin shalat dan aku akan pergi kebelakang rumah-rumah orang yang tidak pergi mengerjakan shalat ( berjamaah). Demi yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya, jika mereka tahu bahwa mereka dapat menemukan sebuah tulang yang tertutup daging yang baik atau dua kerat daging terdapat diantara kedua tulang rusuk, maka ia akan pergi mengerjakan shalat.

Pahala Shalat Berjamaah

Rasulullah SAW bersabda bahwa pahala shalat berjamaah begitu besar sebagaimana berdasarkan hadits beliau :

 عَنْ إبْنِ عُمَر رَضيَ اللهُ عَنْهُماَ: أَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلاَةَ الْفَذِّ بِسَبْعِ وَ عشْريْنَ دَرَجَةً.

Artinya : Diriwayatkan oleh Abdillah Ibn Umar Ra, Rasulullah SAW pernah bersabda, “ Derajat shalat berjamaah dua puluh tujuh kali lebih utama daripada shalat sendirian.

Rasulullah juga menjelaskan secara eksplisit diantara keutamaan beberapa waktu shalat fardhu yang dilaksanakan secara berjamaah antara lain :

Baca Juga  Pengertian, Rukun, Syarat, Macam dan Hukum Sulhu

Shalat Subuh Berjamaah

Rasulullah Menjelaskan bahwa pahala shalat berjamaah sebesar dua puluh lima kali lebih besar dibanding shalat sendirian, malaikat malam akan berkumpul bersama dengan malaikat siang hari diwaktu subuh. Ditambahkan oleh Abu Hurairah, Bacalah Al-Quran jika kamu mau, karena sesungguhnya shalat subuh disaksikan oleh para malaikat.

Shalat Isya Berjamaah

Perihal mengenai shalat isya berjamaah, Abu Hurairah juga meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah bersabda bahwa “ tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang-orang munafik selain shalat subuh dan shalat isya, dan seandainya mereka tahu pahala mengerjakan kedua shalat ini pada waktunya, niscaya mereka akan pergi ke masjid meski dalam keadaan merangkak.

Hukum Shalat Berjamaah

Para ulama berbeda pendapat mengenai hukum melaksanakan shalat berjamaah itu fardhu a’in, fardhu kifayah, sunnah muakkadah :

Kalangan dzahiriyah berpendapat bahwa shalat berjamaah hukumnya fardhu a’in seperti Atho` bin Abi Rabah, Al-Auza`i, Abu Tsaur, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, umumnya ulama Al-Hanafiyah dan mazhab Hanabilah.

Kalangan Syafi’iyah berpendapat bahwa hukumnya fardhu kifayah, dalam arti jika sudah ada yang menjalankan maka gugur kewajiban, namun jika sekiranya tidak ada yang menjalankan maka hukumnya dosa.

Kalangan yang berpendapat bahwa hukumnya sunnah muakkad seperti kalangan Malikiyah dan Hanafiyah

Terlepas dari perbedaan pandangan hukum terkait shalat berjamaah, dalam sebuah riwayat, suatu waktu Rasulullah SAW mendelegasikan imam shalat kepada Abu Bakar Ra, namun Rasul diberitahu bahwa Abu Bakar adalah seorang berhati lembut, tak akan mau menggantikan tempat Nabi SAW, namun Rasulullah tetap memerintahkan Abu Bakar untuk memimpin shalat, maka akhirnya Abu Bakar keluar untuk memimpin shalat berjamaah. Dan pada saat bersamaan kondisi Nabi agak membaik, dan dengan bantuan dua orang memapahnya, Rasulullah SAW keluar, nampak kaki Rasulullah menyeret tanah, ketika Abu Bakar hendak mundur, Nabi tetap menyuruh Abu Bakar memimpin shalat, dan Nabi duduk disampingnya.

Baca Juga  Keutamaan Bulan Jumadil Akhir

Demikian sekilas mengenai pahala dan hukum shalat berjamaah, semoga bermanfaat.

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter ponpesalbadar

====

comments
x

Check Also

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Sogok Menyogok Sogok menyogok atau risywah atau dalam bahasa kita “ rasuah “ adalah ...