Home / Ulumuddin / Fiqh / Syakhsiyah / Pengertian, Cara, Niat, Serta Doa Shalat Hajat

Pengertian, Cara, Niat, Serta Doa Shalat Hajat

Pengertian, Cara, Niat, Serta Doa Shalat Hajat

Pengertian Shalat Hajat

Shalat HajatShalat hajat adalah sholat sunat yang dikerjakan karena mempunyai maksud atau keperluan dan berharap allah swt mengabulkannya. Hajat atau keperluan ini ada yang kepada allah swt dan ada juga yang mempunyai hajat kepada sesama manusia, atau disebut dengan urusan duniawi dan ukhrawi.
Atau suatu hajat dapat tercapai diantaranya dengan berusaha dan berdoa yaitu dengan shalat hajat. Sehingga berharap allah swt akan segera mengabulkan keinginan melalui shalat hajat kita. Karena allah telah berfirman dalam Al-Quran: (surat Al-baqarah ayat 45)

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلا عَلَى الْخَاشِعِينَ (٤٥)

wasta’iinuu bishshabri washshalaati.. 

Dan Meminta Pertolongan (kepada allah) dengan sabar dan shalat… (QS Al Baqarah: 45)

Niat shalat hajat

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya : Aku niat shalat sunnah hajat dua rakaat karena Allah ta’ala

Cara Shalat Hajat Pertama

Bila kita hendak mengerjakan shalat hajat sebanyak 2 rakaat, berarti berpedoman pada hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dari Abdillah bin Abi Aufa : “Barang siapa yang mempunyai hajat kepada Allah, atau berhajat kepada salah seorang dari Bani Adam (manusia) maka hendaklah

  1. Berwudhu dan sempurnakan wudhunya tersebut.
  2. Lalu shalatlah dua rakaat ( shalat hajat )
  3. Setelah shalat hajat kemudian memuji Allah
  4. Lalu membaca shalawat kepada Rasulullah SAW
  5. Lalu membaca doa shalat hajat
Doa Shalat Hajat Pertama

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَ الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ. سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. أَسْئَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَ عَزَائِمِ مَغْفِرَتِكَ وَ الْغَنِيْمَةِ مِنْ كُلِّ بِـرٍّ وَ السَّلاَمَةِ مِنْ كُلَّ إِثْمٍ. لاَ تَدَعْ لَنَا ذَنْبـًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَ لاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَ لاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَـا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Artinya : Segala Puji bagi Allah tuhan semesta Alam. Shalawat dan Salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta para keluarganya dan sahabatnya semua. Tidak ada tuhan melainkan Allah yang maha Penyantun  dan pemurah. Maha suci Allah, tuhan pemelihara ‘Arasy yang Maha Agung. Segala Puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu aku memohon sesuatu yang mewajibkan Rahmat-Mu dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu Hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan yang paling Pengasih dan Penyayang.

Atau alternatif doa shalat hajat yang lain :

اللهم انى اسئلك بمعاقد العز من عرشك ومنتهى الرحمة من كتابك وباسمك الاعظم ووجهك الأعلى وكلما تك التامت ان تقضى حاجتى ….

Artinya : Ya Allah, bahwasanya aku memohon kepada-Mu dengan serba keteguhan kemuliaan Arasy Engkau, dan sepucuk rahmat yang telah engkau tentukan dalam kitabmu, dan dengan nama-Mu yang Agung dan wajah-Mu yang maha Tinggi, dan kalimat-Mu yang maha sempurna. Ya Allah penuhilah hajatku … ( sebutkan hajat anda ).

Cara Shalat Hajat Kedua

Cara melaksanakan shalat hajat dengan cara yang kedua sebagaimana merujuk pada Kitab Ihya’ Ulumuddin karangan Imam Al-Ghazali, dalam kitab tersebut dinyatakan bahwa shalat hajat sebanyak dua belas rakaat yang diakhiri salam tiap dua rakaat. Bacaan tiap rakaat yaitu :

  1. Rakaat pertama sesudah membaca surah Al-Fatihah kemudian membaca Ayat Kursi
  2. Rakaat kedua sesudah membaca surah Al-Fatihah kemudian membaca Surah Al-Ikhlas.
  3. Jika rangkaian 12 rakaat shalat hajat selesai, lalu sujud dan membaca doa shalat hajat yang kedua

Hal ini merujuk  pada hadits riwayat Ibnu Mas’ud RA, Rasulullah bersabda : dua belas rakaat, barang siapa melaksanakannya baik pada waktu malam maupun siang, pada tiap rakaat membaca tasyahud pada tiap rakaat, lalu salam.

Doa Shalat Hajat Kedua

سبحان الذى لبس العز وقال به سبحان الذى تعطف بالمجد وتكرم به سبحان الذى احصى كل شىئ بعلمه سبحان الذى لا ينبغى التسبيح الاله سبحان ذى العذ والكرم سبحان ذى الطول اسئلك بمعاقد العذ من عرشك ومنتهى الرحمة من كتابك وباسمك الأعظم ووجهك الأعلى وكلماتك التامات التى لايجاوزهن بر ولا فاجر ان تصلى على محمد وعلى ال محمد

Artinya : Maha suci dzat mengenakan sifat keutamaan, dan firmannya : Maha suci dzat mengenakan sifat ketinggian dan menjadi mulia karena sifat keluhuran itu. Maha Suci dzat yang menghitung segala sesuatu karena ilmu-Nya, Maha Suci dzat yang tidak seyogyanya memahasucikan kecuali kepada Allah, Maha Suci dzat yang memiliki anugerah dan keutamaan, Maha Suci dzat yang memiliki keluhuran dan kemuliaan, Maha Suci dzat yang memiliki kekuatan.

Demikian artikel singkat mengenai Pengertian, Cara, Niat, Serta Doa Shalat Hajat. semoga bermanfaat.

====

Silahkan like FB Fan Page Facebook atau follow Twitter

====

Pengertian, Cara, Niat, Serta Doa Shalat Hajat Pengertian Shalat Hajat Shalat hajat adalah sholat sunat yang dikerjakan karena mempunyai maksud atau keperluan dan berharap allah swt mengabulkannya. Hajat atau keperluan ini ada yang kepada allah swt dan ada juga yang mempunyai hajat kepada sesama manusia, atau disebut dengan urusan duniawi dan ukhrawi. Atau suatu hajat dapat …

Review Overview

Pengertian Shalat Hajat
Cara, Niat, dan Doa Shalat Hajat

Summary : M. Afrizal Arif

User Rating: 4.9 ( 1 votes)
100