Home / Ulumuddin / Fiqh / Muamalah / Pengertian dan Bentuk Sedekah

Pengertian dan Bentuk Sedekah

Pengertian dan Bentuk Sedekah

Pengertian Sedekah

sedekah - Pengertian dan Bentuk Sedekah

Sedekah merupakan pemberian sesuatu kepada orang lain dengan harapan keridhaan Allah SWT. Sedekah merupakan salah satu diantara sekian amalan terpuji yang dianjurkan dalam Islam terlebih kepada umat muslim yang berkecukupan. Maka sangat dianjurkan muslimin dan muslimat senantiasa menanamkan motivasi untuk bersedekah kepada orang lain terutama yang tidak mampu.

Bentuk Sedekah

Perwujudan sedekah dapat dimanifestasikan dalam berbagai bentuk bahkan berbuat menahan diri tidak melakukan perbuatan buruk terhadap orang termasuk sedekah. Kata sadaqah sering dipadankan dengan kata infaq merujuk pada Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 261-265.

Rasulullah bersabda dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berbunyi :

عن ابى ذررضى الله تعال عنه قال : قلت يا رسول الله,أي الاعمال افضل ؟ قال: الايمان بالله والجهاد فى سبيل الله,قلت أي الرقاب افضل؟ قال انفسها عند عهلها واكشر شمناقال :قلت فان لم افعل؟ قال تعين صانعا او تصنع لااخرق قال: قلت يارسول الله ارأيت ان ضعفت عن بعض العمل ؟ قال تكف شرك عن الناس فانها صدقة منك على نفسك {روه مسلم}

Artinya : Dari Abu Dzar RA berkata : aku pernah bertanya : Ya Rasulullah, amalan pakah yang lebih utama?” beliau menjawab : “Iman kepada Allah dan Jihad dijalannya”. Abu Dzar berkata : Aku bertanya lagi, memerdekakan hamba yang bagaimanakah yang utama ?” Beliau menjawab “ yang lebih disayangi pemiliknya dan mahal harganya. “ Abu Dzar berkata. Aku bertanya lagi, “ jika aku tidak bisa melakukan sperti itu?” Beliau menjawab: Engkau membantu pekerjaan orang atau melaksanakan pekerjaan orang lain yang tidak dapat bekerja. “ Abu Dzar berkata. Aku bertanya lagi. Ya Rasulullah, bagaimana jika aku tidak dapat melakukan pekerjaan itu ? “ Beliau menjawab : Engkau menahan dirimu tidak berbuat jahat kepada orang lain, karena dengan cara seperti itu berarti engkau telah bersedekah kepada dirimu sendiri (HR Muslim 119)

لا تحقرن من المعروف شيئا ولو ان تلقى اخاك بوجه طلق {رواه مسلم 4760}

“ Janganlah sekali kali engkau meremehkan suatu kebaikan walaupun hanya sekedar menyambut kedatangan temanmu dengan wajah (senyum) yang manis (HR Muslim : 4760)

Hadits diatas menjelaskan agar menghormati orang lain walaupun hanya dengan senyum manis. Sebab akan mempererat tali persahabatan dan hubungan batin antara tamu dan tuan rumah. Sedekah yang kita keluarkan selama hidup didunia dapat menghapus dosa dosa yang telah kita perbuat dan akan melindungi diri kita diakhirat nanti. Rasulullah SAW bersabda :

الصدقة تطفئ الخطيئة كما يطفئ النارالماء

Sedekah itu menghapuskan dosa sebagaimana air memadamkan api. (HR Ibn Majah dari Muadz bin Jabal : 3963 )

اذا مات بن اَدم انقطع عمله الا من شلاثة : صدقة جارية ,علم ينتفع به او ولد صالح يدعواله

Jika seorang anak adam meninggal, maka terputuslah seluruh amalnya kecuali karena tiga hal perkara : sedekah jariah, ilmu yang diamalkan, atau anak shalih yang senantiasa mendoakan orang tuanya ( HR Muslim dari Abu Hurairah 3084 )

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter ponpesalbadar

====

Facebook Comments
x

Check Also

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Sogok Menyogok Sogok menyogok atau risywah atau dalam bahasa kita “ rasuah “ adalah ...