Home / Ulumuddin / Pengertian dan Hukum Taqlid

Pengertian dan Hukum Taqlid

taqlid

Taqlid merupakan salah satu bagian yang menjadi perdebatan penerapannya, untuk itu kami mencoba memaparkan penjelasan mengenai seputar pengertian dan hukum taqlid. Taqlid adalah mengikuti orang lain tanpa mengerti dalil yang digunakan atas keshahihan pendapat tersebut.

Pengertian Taqlid

Taqlid secara bahasa dan istilah :

التقليد لغة : مأخوذ من القلادة التى يقلد غيره بها

واصطلاحا : قبول قول القائل وانت لا تعلم من اين قاله

Menerima perkataan orang yang berkata dan anda tidak mengetahui dari mana sumber perkataannya.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an  Surah Al-Maidah ayat 104 :

وَإِذَا قِيلَ لَهُمۡ تَعَالَوۡاْ إِلَىٰ مَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ وَإِلَى ٱلرَّسُولِ قَالُواْ حَسۡبُنَا مَا وَجَدۡنَا عَلَيۡهِ ءَابَآءَنَآۚ أَوَلَوۡ كَانَ ءَابَآؤُهُمۡ لَا يَعۡلَمُونَ شَيۡ‍ٔٗا وَلَا يَهۡتَدُونَ ١٠٤

Artinya : Apabila dikatakan kepada mereka: “Marilah mengikuti apa yang diturunkan Allah dan mengikuti Rasul”. Mereka menjawab: “Cukuplah untuk kami apa yang kami dapati bapak-bapak kami mengerjakannya”. Dan apakah mereka itu akan mengikuti nenek moyang mereka walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui apa-apa dan tidak (pula) mendapat petunjuk?

Pendapat Para Imam Mazhab Tentang Taqlid

قال الامام أبو حنيفة : ان كان قولى يخالف كتاب الله وخبر الرسول فاتركوا قولى

Menurut pendapat Abu Hanifah: Sekiranya pendapatku ini menyalahi kitab Allah dan Sunnah rasul, tinggalkanlah pendapatku ini.

قال الامام المالك : انما انا بشر اخطئ واصيب فانظروا فى رأىي كل ما وا فق الكتاب والسنة فخذوابه ومالم يوافق الكتاب والسنة فاتركوه

Menurut pendapat Imam Malik: Aku hanya seorang manusia biasa dan mungkin tersalah dan mungkin pula benar. Oleh itu, telitilah pendapatku ini, sekiranya ia benar dan sama dengan al-Quran dan al-sunnah, maka ikutilah dan berpeganglah. Sekiranya ada yang tidak sesuai dengan al-Quran dan al-sunnah maka tinggalkan.

Baca Juga  Batas Waktu Menjadi Musafir

قال الامام الشافعى : مثل الذي يطلب العلم بلا حجة كمثل حا طب ليل يحمل حزمة وفيه افعى تلدغه وهو لا يدرى

Menurut pendapat Imam Syafie: Perumpamaan orang yang menuntut ilmu tanpa dalil seperti tukang kayu yang membawa seberkas kayu di malam hari dan dalamnya ada ular yang akan memagutnya, sedang ia tidak mengetahuinya.

قال الامام  أحمد بن حنبل : لا تقلد نى ولا تقلد مالكا ولا الثورى ولا الآوزاعى وخذ من حيث اخذوا. وقال ايضا : من قلّة فقه الرجل أن يقلّد دينه الرّجل

Menurut pandapat Imam Ahmad: Jangan engkau bertaqlid kepadaku dan jangan pula kepada Imam Malik, al-Thauri dan al-Auza’i, tetapi ambillah dari tempat ia diambil, yaitu sumber dan asal pendapat mereka. Imam Ahmad menambah lagi, di antara tanda seseorang itu tidak faham ialah ia bertaqlid dalam urusan agama kepada orang lain.

Hukum Taqlid

Terdapat perselisihan mengenai hukum taqlid, Taqlid terhadap ulama yang memiliki ilmu agama adalah perintah dari Allah yang mana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an QS An-Nahl ayat 43 :

وَمَآ أَرۡسَلۡنَا مِن قَبۡلِكَ إِلَّا رِجَالٗا نُّوحِيٓ إِلَيۡهِمۡۖ فَسۡ‍َٔلُوٓاْ أَهۡلَ ٱلذِّكۡرِ إِن كُنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ ٤٣

Artinya : Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu, kecuali orang-orang lelaki yang Kami beri wahyu kepada mereka; maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui

Para ulama telah sepakat bahwa ayat diatas merupakan perintah kepada orang yang tidak mengerti hukum dan dalil agar mengikuti orang yang memahaminya. Seluruh ulama usul telah menetapkan ayat ini sebagai dasar pertama untuk mewajibkan orang awam agar taqlid pada mujtahid.

Sedangkan kalangan yang mengharamkan taqlid adalah Ibn Hazm serta umumnya dari kalangan qadariyah.

Baca Juga  Cara, Pengertian dan Hukum Sterilisasi

Semoga artikel mengenai pandangan imam mazhab tentang Pengertian dan Hukum Taqlid bermanfaat.

====

Silahkan berkunjung ke laman sosial kami  likehistory2  atau follow-us-on-twitter

====

comments
x

Check Also

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Sogok Menyogok Sogok menyogok atau risywah atau dalam bahasa kita “ rasuah “ adalah ...