Home / Ulumuddin / Akhlaq dan Tausiah / Pengertian, Macam dan Cara Mencapai Zuhud

Pengertian, Macam dan Cara Mencapai Zuhud

zuhud

Zuhud menurut  bahasa artinya meninggalkan, tidak menyukai, atau menjauhkan diri. Sedangkan secara istilah tidak mementingkan hal – hal yang bersifat keduniawian dan lebih mengabdikan diri kepada Allah SWT.

Zuhud tidak bermakna mengharamkan yang halal atau menyia-nyiakan harta, akan tetapi zuhud di dunia adalah lebih mempercayai dan meyakini apa yang berada di sisi Allah melebihi apa yang ada di tangan kita. Jika tertimpa musibah maka kita lebih berharap untuk mendapatkan pahala.

Penafsirannya terbagi pada tiga hal :

  1. Meyakini lebih keberadaan Allah SWT melebihi apa yang berada ditangan kita.
  2. Apabila terkena musibah seperti anak meninggal, harta hilang, kita berharap pahala untuk tersebut karena didasari kesempurnaan Allah
  3. Cercaan tidak menggoyahkan keteguhan hati pada kebenaran. Ibn Mas’ud berkata : “yakin adalah tidak mengharap keridhaan manusia dengan cara membuat Allah murka.”

Macam Macam Zuhud

  1. Zuhud terhadap kemusyrikan
  2. Zuhud terhadap perkara yang dilarang.
  3. Zuhud terhadap perkara yang diperbolehkan.

Zuhud terhadap kemusyrikan dan terhadap perkara yang dilarang adalah kewajiban, sedangkan terhadap perkara yang diperbolehkan bukan merupakan sesuatu yang wajib.

Sedangkan Imam Ahmad berpendapat bahwa kezuhudan terbagi menjadi :

  1. Meninggalkan yang terlarang, ini manifestasi zuhud orang awam
  2. Tidak melakukan hal yang diperbolehkan dan melebihi kebutuhan, ini merupakan zuhud orang khawas ( orang orang khusus )
  3. Tidak melakukan hal yang mengabaikan untuk berpaling mengingat Allah, ini merupakan zuhud orang yang memahami ajaran Islam secara sempurna.

Cara Mencapai Zuhud

Beberapa langkah langkah yang memungkinkan dalam oleh pribadi pribadi muslim dalam rangka upaya mencapai sifat zuhud adalah :

  1. Perbanyak memikirkan bahwa ada kehidupan setelah kehidupan dunia, yaitu kehidupan akhirat dan hari segala amal kita dihisab.
  2. Senantiasa menumbuhkan rasa kenikmatan dunia niscaya akan dapat memalingkan hati untuk berdzikir kepada Allah SWT.
  3. Memahami bahwa apa yang ada didunia tidak kekal dan akan sirna jika dibandingkan dengan apa yang ada di sisi Allah SWT.
Baca Juga  Hijab Wanita Yang Trendi

Demikian artikel singkat mengenai Pengertian, Macam dan Cara Mencapai Zuhud, Silahkan menyebarluaskan dengan mencantumkan sumber. Semoga bermanfaat.

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter ponpesalbadar

====

comments
x

Check Also

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Sogok Menyogok Sogok menyogok atau risywah atau dalam bahasa kita “ rasuah “ adalah ...