Home / Ulumuddin / Ibadah / Sekelumit Kisah dan Hikmah Isra Mi’raj

Sekelumit Kisah dan Hikmah Isra Mi’raj

isra mi'raj

Bulan rajab adalah salah satu bulan mulia yang banyak memiliki keutamaan, di antaranya adalah peristiw isra’ mi’raj yang terjadi pada tanggal 27. Secara istilah isra’ berarti perjalanan nabi Muhammad SAW di malam hari dari masjidil haram ( mekkah ) menuju masjidil aqsho ( palestina ), sedngkan mi’raj berarti naik nya nabi dari masjidil aqsho ke sidrotul muntaha.

Isra mi’raj adalah perjalanan luar biasa yang tidak masuk akal namun masuk hati,perjalanan yang begitu jauh hingga miliaran kilometer hanya di tempuh dalam waktu semlam. Ini merupakan kekuasaan Allah SWT, dari peritiwa isra mi’raj ini Rosulullah SAW mendapatkn hadiah paling indah dari Allah SWT untuk umatnya yaitu perintah sholat lima waktu sehari semalam.

Kisah sebelum  mi’raj

Ada sedikit kisah nabi Muhammad SAW yang sudah masyhur di kalangan umat islam sebelum nabi di mi’raJkan oleh Allah SWT yaitu pembedahan hati nabi Muhammad. Pada waktu itu, hati Rosulullah SAW bedah oleh malaikat jibriluntuk di bersihklan dan di sucikan dengn air zam zam sebanyak 3 kali, setelah itu hati nabi Muhammad SAW di isi dengan hkmah dan iman.

Hikmah peristiwa isra’ mi’raj

Peristiwa isra’ mi’raj adalah peristiwa yang penuh hikmah yang sangat mendalam, semakin tinggi kadar kepandaian spiritual  sesorang hamba makan akan semakin dalam pula ia akan memaknai isra’ mi’raj, peristiwa ini juga merupakan peritiwa yang tak kunjung kering akan inspirasi hikmah, namun karna keterbtasan ilmu, di sini kami akan menyebutkan setetes dari lautan hikmah yang terkndung dalam peristiwa isra’ mi’raj.

1-menurut imam suyuthi, hikmah perjalanan isra’ mi’raj di lakukan di malam hari karena malam adalah waktu yang sangat tenang dan khusus, itulah waktu sholat yng di wajibkan atas nabi , sebagaimn dalam firmanNYA “ berdirilah sholat di malam hari “ (qs. Al muzmmil 2 )

Baca Juga  Hijab Wanita Yang Trendi

2-hikmah peristiwa isra’ sebelum peristiwa mi’raj adalah pembenaran terhadap peristiwa isra’ mi’raj dan menendng pendapat yang mengingkarnya. Sebab andakan perjalanan nabi langsung ke sidrotul muntaha ( mi’raj ) tanpa isra’, maka akan sangat sulit untuk di buktkan kepada orang orang yang mengingkarinya . ketika di katakana bahwa nabi  Muhammad SAW  memulai perjalanan isra’ ke baitul maqdis, orang orang yang hendak mengingkarinya pun bertanya tentang cirri cirri baitul maqdis ( sebelum2nya mereka sudah tahu ciri ciri batul maqdis ) di saat Rosululloh menggabarkan ciri nya, mereka sadar bahwa perstiwa isra’ di malam itu benr benar terjadi ( sebab ciri cirri yang di gambrkn nabi sama seperti yang mereka ketahui ). Peristiwa ini menambah kekuatan iman seorang hamba.

Itulh setetes kisah dan hikmah peristiwa isra’ mi’raj yang bisa d jabarkan dalam tulisan singkat ini, semoga menambah keimanan kta dan memopa semangat kita untuk selalu memperbaiki sholat yang telah kita laksanakan, semoga bermanfaat.. !!

Ditulis oleh Ust Jamil Fuady

====

Silahkan bergabung di laman sosial kami :

Facebook Fanpage

jempol

Twittertwit

====

comments
x

Check Also

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Sogok Menyogok Sogok menyogok atau risywah atau dalam bahasa kita “ rasuah “ adalah ...