Home / Ulumuddin / Fiqh / Syakhsiyah / Cara, Niat, dan Doa Shalat Tahajjud

Cara, Niat, dan Doa Shalat Tahajjud

Cara, Niat, dan Doa Shalat Tahajjud

Pengertian Shalat Tahajjud

shalat tahajud

Shalat tahajjud adalah shalat yang di kerjakan pada malam hari dan sesudah tidur sekalipun tidurnya hanya sebentar. Jadi apabila shalat tersebut dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka shalat itu tidak di namakan shalat tahajjud, tetapi shalat sunnat biasa seperti witir atau lainnya.

Shalat tahajjud merupakan shalat sunah muakad, dan bilangan rakaat shalat tahajud di kerjakan sekurang-kurangnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya 12 rakaat. Adapun juga yang berpendapat bahwa melaksanakan shalat tahajud sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Sedangkan waktu shalat tahajjud sesudah shalat isya hingga terbit fajar, namun sepanjang malam itu ada saat utama, lebih utama dari yang paling utama.

Bagi rasulullah saw, mengerjakan shalat tahajjud hukumnya wajib (hatmun) karena mengingat pahala shalat tahajud sangat besar, sebagai mana firman allah yang di sebutdalam alquran surah al Isra ayat 79 yang berbunyi sebagai berikut:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا (٧٩)

Waminallaili fatahajjad bihi naafilatan laka’asaa anyab’ atsaka rabbuka maqaaman mahumuudaan.

Artinya : Hendaklah engkau gunakan sebahagian malam hari shalat tahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.

Dasar anjuran mengerjakan shalat tahajjud juga berdasarkan hadits :

 عليكم بقيام الليل فانه دأب الصالحين قبلكم وقربة لكم الى ربكم ومكفرة للسيئات ومنهاة عن الاثم ومطردة للداء عن الجسد

Artinya : shalat malam adalah kebiasaan orang shaleh sebelummu, dan sebagai jalan mendekatkan dirimu dengan Tuhanmu, penebus segala dosa, pencegah dosa serta mampu menghindarkan diri dari penyakit. ( HR Turmudzi & Ahmad )

Niat Shalat Tahajjud

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّهِ تَعَالىَ

Artinya:

“ Aku niat shalat sunnah Tahajjud 2 rakaat  karena Allah Ta’ala.”

Baca Juga  Hukum Menghormati Bendera

Doa Shalat Tahajjud

اللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَ اْلأَرْضِ وَ مَنْ فِيْهِنَّ وَ لَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَ اْلأَرْضِ وَ مَنْ فِيْهِنَّ. وَ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَ اْلأَرْضِ وَ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَائُكَ حَقٌّ وَ قَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صلى الله عليه و سلم حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اللّهُمّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَ إِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ حَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَااَخَّرْتُ وَمَااَسْرَرْتُ وَمَاأَعْلَنْتُ اَنْتَ اْلمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لآاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ وَلاَ اِلَهَ غَيْرُكَ وَلاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ.

Artinya:

“ Ya Allah’ bagi-Mu segala Puji. Engkaulah penegak langit dan bumi, dan Alam Semesta serta isinya. Bagi-Mulah segala Puji, pemancar cahaya langit dan bumi. Bagi-Mulah segala Puji. Engkaulah yang haq, dan janji-Mu adalah benar dan perjumpaan-Mu itu adalah Haq, dan firman-Mu adalah benar, dan Surga adalah Haq, dan Neraka adalah Haq, dan Nabi-Nabi itu adalah Haq dan benar, dan Nabi Muhammad SAW adalah benar dan saat hari Kiamat itu benar, Ya Allah kepada-Mulah  kami berserah diri ( bertawakkal ), kepada Engkaujualah kami kembali, dan  kepada-Mulah  kami rindu, dan kepada Engkaulah kami berhukum.

Ampunilah kami atas kesalahan  yang sudah kami lakukan dan sebelumnya, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir. Tiada Tuhan melainkan Engkau Ya Allah Rabbul Alamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah yang Maha tingggi lagi maha Agung.”

Cara Shalat Tahajjud

Bagi yang akan melaksanakan shalat tahajjud disunatkan waktu akan tidur berniat hendak bangun shalat tahajjud.

Baca Juga  Pengertian, Cara, Hukum dan Doa Thawaf

Sebagaimana sabda Rasullah SAW :

من اتى فراشة وهو ينوى ان يقوم فيصلى من الليل فغلبته عينه حتى يصبح كتب له ما نوى , وكان نومه صدقة عليه من ربه – رواه النسائى

Artinya : Barangsiapa yang akan tidur dan berniat bangun untuk melakukan shalat malam, kemudian terlanjur tidur hingga pagi, maka dicatatlah niatnya sebagai satu pahala, sedang tidurnya dianggap sebagai karunia Tuhan yang diberikan padanya.

Jumlah Rakaat Shalat Tahajjud

Pada dasarnya tidak ada ketentuan tentang bilangan rakaat shalat tahajjud tetapi sekurang kurangnya shalat tahajjud itu dua rakaat, ada juga riwayat yang mengatakan satu rakaat. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW :

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم اذا قام من الليل يصلى افتتح صلاته بركعتين خفيفتين – رواه مسلم

Artinya : Adalah Rasulullah SAW bangun malam untuk menunaikan shalat, beliau memulainya dengan dua rakaat yang ringan ( HR Muslim )

 امرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم بصلاة الليل ولو ركعتين – رواه الطبرنى

Artinya : Rasulullah memerintahkan kami agar mengerjakan shalat malam dengan anjuran yang sangat hingga berkata : kerjakanlah shalat malam walau hanya satu rakaat ( HR Thabrani ).

Pada rakaat pertama dan kedua shalat tahajud setelah takbir membaca surah Al Fatihah sebagaimana melaksanakan shalat sunnah lainnya,  Perbedaan dengan shalat tahajud hanya  pada niat saja.

Hikmah Shalat Tahajjud

  • Mendapatkan perhatian dan kecintaan dari orang-orang sekitarnya.
  • Wajah memancarkan cahaya keimanan.
  • Allah akan memelihara dirinya dari segala macam marabahaya.
  • Setiap perkataannya mengandung makna dan di ikuti orang lain.
  • Pada saat di bangkitkan dari kubur wajahnya akan bercahaya.
  • Ketika penghisaban, kitab amalnya akan diberikan kepada tangan kanannya.
  • Hisabnya juga akan di mudahkan.
  • Ketika berjalan di atas shirath bagaikan kilat.
Baca Juga  Pengertian dan Kedudukan Istihsan Sebagai Hukum

Demikian artikel mengenai Cara, Niat, dan Doa Shalat Tahajjud, semoga bermanfaat.

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter ponpesalbadar

====

 

comments
x

Check Also

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Sogok Menyogok Sogok menyogok atau risywah atau dalam bahasa kita “ rasuah “ adalah ...