Home / Ulumuddin / Fiqh / Cara dan Bacaan Doa Sujud Sahwi

Cara dan Bacaan Doa Sujud Sahwi

Cara Melaksanakan Sujud Sahwi

sujud sahwi

Sujud Sahwi merupakan sujud yang dilakukan ketika terlupa dalam shalat, pelaksanaannya sama dengan sujud biasa, artinya dimulai dengan takbir diantara dua sujud dan dilakukan setelah tahiyat akhir sebelum salam.

Bacaan Doa Sujud Sahwi

سُبْحَانَ مَنْ لاَ يَنَامُ وَ لاَ يَسْهُوْا

Artinya:

“Maha suci Allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa.”

Jika seseorang melaksanakan shalat dan terlupa akan bilangan rakaat yang telah dikerjakan, hendaknya mengambil yang diyakini, bilangan yang paling sedikit, kemudian salam dengan melakukan sujud sahwi. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

اذا شك احدكم فى صلاته فلم يدركم صلى, ثلاثا ام اربعا, فليطرح الشك على مااستيقن ثم سجدتين قبل ان يسلم

Artinya : Jika salah seorang diantaramu ragu dalam shalatnya, hingga tidak tahu berapa rakaat yang telah dikerjakan apakah tiga atau empat, maka hendaknya menghilangkan keraguan dan menetapkan mana yang diyakini, kemudian melakukan sujud sebanyak dua kali sebelum salam ( HR Muslim ).

Jika sekiranya terjadi hal yang menyebabkan sunnatnya sujud sahwi, maka sujud sahwi cukup dilakukan sekali saja. Dan jika seorang imam mengerjakan sujud sahwi, maka makmum wajib mengikuti imamnya melaksanakan sujud sahwi, meskipun tidak mengetahui penyebabnya, dan meskipun belum selesai shalatnya karena masbuk. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan Umar RA :

عن عمر رضى الله عنه عن النبى صلى الله علىه وسلم قال : ليس على من خلف الإمام سهو, فان سهاالإمام فعليه وعلى من خلفه

Artinya : Dari Umar RA, Dari Nabi SAW bersabda : tidak dibebankan atas makmum ( orang yang berada dibelakang imam ) kewajiban sujud sahwi, namum apabila imam melaksanakan sujud sahwi, maka makmum wajib mengikutinya. (HR Tirmidzi dan Baihaqi ).

Baca Juga  Pengertian, Macam, dan Kedudukan Hukum Urf

Memberitahukan Dalam Shalat

Jika dalam pelaksanaan shalat secara berjamaah, apabila seorang makmum hendak memberitahukan imam karena terlupa seperti tertinggal tasyahud dirakaat kedua atau yang lain, maka disunatkan membaca tasbih ( subhanallah ) bagi laki-laki, dan bertepuk tangan bagi wanita, sebagai riwayat hadits :

عن سهل بن سعد رضى الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : اذاناب احدكم شيئا فى صلاته فليسبح فإنما التسبيح للرجال والتضنيق للنساء

Artinya : Dari Sahal bin Sa’ad RA berkata : Rasulullah SAW bersabda : bila nampak sesuatu pada seseorang dalam shalatnya, maka hendaklah ia memberi peringatan, yaitu dengan membaca tasbih bagi laki laki, dan bertepuk tangan bagi wanita. ( HR Bukhari dan Muslim ).

Demikian tulisan mengenai   Cara dan Bacaan Doa Sujud Sahwi, semoga bermanfaat.

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter ponpesalbadar

====

 

comments
x

Check Also

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Sogok Menyogok Sogok menyogok atau risywah atau dalam bahasa kita “ rasuah “ adalah ...