Home / Kolom / Seni Budaya lokal Bagian dari Tradisi Islam

Seni Budaya lokal Bagian dari Tradisi Islam

Seni Budaya lokal Bagian dari Tradisi Islam

Seni budaya lokalSeni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi islam. Hal itu terlihat dari banyaknya orang jawa yang mengenal tradisi pewayangan dan gamelan. Cerita pewayangan dan gamelan, dimanfaatkan para wali untuk memasukkan ajaran islam.

Salah satu wali yang memanfaatkan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi islam adalah Sunan Bonang. Sunang Bonang menggunakan seni budaya lokal untuk menciptakan lagu (gending ) Jawa. Lagu tersebut berisi tentang ajaran tauhid, ibadah, akhlak, dan sejarah Nabi.

Lagu-lagu atau gending -gending jawa di gunakannya sebagai media dakwah dia juga menciptakan dongeng yang berisi ajaran akhlak yang mulia. Dengan cara seperti itulah, ia ingin mengubah tradisi masya rakat yang sesak menjadi yang beriman kepda Allah secara halus.

Selain Sunan Bonang, sunan kalijaga, juga memanfaatkan seni budaya lokal sebagai saran untuk menyampaikan ajaran islam .Selain sebagai mubalig,Sunan Kalijaga dikenal sebagai  politikus dan seorang yang ahli dalam strategi.

Dalam berdakwah,Sunan Kalijaga mengunakan pendekatan seni dan budaya.Salah satu sarana yang di gunakanya adalah wayang kulit.Pagelaran wayang kulit sampai sekarang masih digemari oleh masyarakat.Seperti halnya upacara adat  sekaten yang berlaku di yogyakarta dan Surahkarta.Budaya tersebut  digunakan sebagai media dakwa menyiarkan agama islam kepada masyarakat.Pada waktu itu,  masyarakat masih sangat minim mengenal ajaran islam sehingga masuk ajaran agama islam melalui budaya sekaten.

Kata ”sekaten”itu sendiri berasal dari bahasa Arab ‘’shadatain’’yang berarti dua kalimat syahadat,yaitu syahadat tauhid dan syahadat rasul.

Oleh karena lisan orang jawa pada umumnya (waktu itu) belum begitu fasih mengucapkan bahasa arab sehingga”syahadatain’’ di ucapakan sekaten

Dengan cara-cara seperti itulah,dakwah yang di lakukan para walisanga dapat di terima oleh masyarakat yang memiliki adat istiadat istiadat dan triadisi yang sangat kuat,tanpa harus  menimbulkan pertentangan yang keras.dengan demikian,islam masuk secaraperlahan dan tidak mengejutkan,seni budaya pun tetap menjadi bagian dari tradisi islam.

Demikian sekilas artikel tentang Seni Budaya lokal Bagian dari Tradisi Islam

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter ponpesalbadar

====

Seni Budaya lokal Bagian dari Tradisi Islam Seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi islam. Hal itu terlihat dari banyaknya orang jawa yang mengenal tradisi pewayangan dan gamelan. Cerita pewayangan dan gamelan, dimanfaatkan para wali untuk memasukkan ajaran islam. Salah satu wali yang memanfaatkan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi islam adalah Sunan Bonang. …

Review Overview

Seni Budaya lokal Bagian dari Tradisi Islam

Summary : Seni Budaya lokal Bagian dari Tradisi Islam

User Rating: Be the first one !
100