Home / Kolom / Amaliyah dan Hikmah Pada Waktu Malam Lailatul Qadar

Amaliyah dan Hikmah Pada Waktu Malam Lailatul Qadar

Amaliyah dan Hikmah Pada Waktu Malam Lailatul Qadar

Pengertian Lailatul Qadar

Lailatul Qadar - Amaliyah dan Hikmah Pada Waktu Malam Lailatul QadarLailatul Qadar sangat jelas digambarkan dalam Al-Qur’an Surah Al-Qadar yang berbunyi :

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١)وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢)لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (٣)

Artinya :  Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan[1593]. dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

Penjelasan Tafsir : [1593] Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam Lailatul Qadr Yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, karena pada malam itu permulaan turunnya Al Quran.

Dari ayat tersebut dapat dipahami bahwa Malam Lailatul Qadar adalah malam ketika Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT. Adapun orang yang melangsungkan ibadah bertepatan pada malam lailatul qadar, pahala ibadahnya lebih baik daripada melakukan ibadah selama seribu bulan.

Waktu Malam Lailatul Qadar

Sebagian kalangan ulama berpendapat bahwa malam lailatul qadar berlangsung pada hari hari terakhir pada bulan ramadhan, tepatnya pada malam ganjil setelah 20 ramadhan yaitu malam 21, 23, 25, 27, atau 30 ramadhan. Hal ini merujuk pada hadits yang diriwayatkan oleh Sayyidah Aisyah RA :

عن عائشة رضى الله عنها قالت : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم اذا دخل العشر احياالليل, وايقظ اهله وشد المئزر

Artinya : Dari Aisyah RA berkata : Bahwasanya Rasulullah SAW apabila masuk hari kesepuluh dari akhir ramadhan, beliau beribadah semalam suntuk, dan beliau membangunkan keluarganya dan beribadah bersungguh-sungguh dan mengeratkan mi’zarnya ( tidak bercampur dengan istrinya ).

Dalam Hadits yang lain juga dijelaskan, bahwa Rasulullah SAW bersabda :

عن بن عمر رضى الله عنهما ان رجالا من اصحاب النبى صلى الله عليه وسلم ارواليلة القدر فى المنام فى السبع الاواخر فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ارى رؤياكم قد تواطات فى السبع الاوا خر فمن كان متحريها فليتحرها فى السبع الاواخر

Artinya : Dari Ibnu Umar RA , sesungguhnya beberapa orang sahabat Nabi SAW dalam mimpinya melihat malam lailatul qadar pada tujuh hari yang terakhir bulan ramadhan, maka Rasulullah SAW bersabda : Kebenaran mimpi kalian diperlihatkan kepadaku, malam lailatul qadar pada tujuh hari terakhir. Maka siapa saja yang mencari malam tersebut, maka carilah pada tujuh hari terakhir. ( HR Bukhari dan Muslim ).

Amaliyah Malam Lailatul Qadar

Banyak hikmah yang terkandung pada malam lailatul qadar seperti yang telah dijelaskan pada Al-Qur’an dan Hadits yang telah diapaparkan sebelumnya. Adapun salah satu amaliyah yang dapat dilakukan sembari menanti berkah malam lailatul qadar adalah dengan memperbanyak melakukan i’tikaf, sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW melalui haditsnya :

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يعتكف العشر الاواخر من رمضان حتى توفاه الله عز وجل

Artinya : Adalah Rasulullah SAW melakukan i’tikaf sesudah tanggal dua puluh ramadhan hingga beliau meninggal dunia. ( HR Bukhari dan Muslim ).

Bacaan Pada Malam Lailatul Qadar

Mengingat limpahan berkah yang terkandung pada waktu malam lailatul qadar, maka dianjurkan mengucapkan doa sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Sayyidah Aisyah RA :

عن عائشة رضى الله عنها قالت : قلت يا رسول الله , ارايت ان علمت اى ليلة ليلة القدر ما اقول فيها ؟ قال قولى : اللهم انك عفو تحب العفو فاعف عنى

Artinya : Dari Sayyidah Aisyah RA berkata : Aku bertanya : Wahai Rasulullah bagaimana aku dapat mengetahui malam lailatul qadar ? dan apa pula yang harus aku ucapkan pada malam tersebut ? Maka Rasulullah SAW bersabda : Ucapkanlah : Ya Allah Engkau Maha Pengampun, suka mengampuni, maka ampunilah hamba. ( HR Riwayat Imam lima, kecuali Abu Dawud ).

Hikmah Malam Lailatul Qadar

Adapun hikmah yang terkandung dari malam lailatul qadar adalah banyaknya pahala yang tercurah pada malam tersebut, sebagaimana Sabda Rasulullah SAW :

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya : Rasulullah SAW bersabda : Barangsiapa beribadah pada malam lailatul qadar, karena semata-mata iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampunilah ia dari segala dosa-dosa yang telah lalu. ( HR. Bukhari dan Muslim ).

Demikian tulisan mengenai Amaliyah dan Hikmah Pada Waktu Malam Lailatul Qadar. Semoga memberi manfaat.

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter ponpesalbadar

====

Facebook Comments
x

Cek Juga

Pengertian dan Hukum Menimbun Barang

Pengertian dan Hukum Menimbun Barang

Pengertian Menimbun Barang Menimbun barang komoditi kadang terdengar beritanya dinegara kita, apalagi jika menjelang hari ...