Home / Ulumuddin / Bacaan Tasyahud Awal ( Tahiyyat Awal )

Bacaan Tasyahud Awal ( Tahiyyat Awal )

Pengertian Tasyahud Awal

Tasyahud Awal adalah Gerakan Shalat dengan duduk menggunakan kaki kanan posisi tegak dan telapak kaki kiri diduduki pada Raka’at Kedua jika jumlah Raka’at pada Shalat anda 3 maupun 4 Raka’at Setelah Sujud Kedua ( Setelah Sujud Pertama, Duduk di antara Sujud dan Sujud Kedua) baru kemudian Tasyahud Awal. Tasyahud Awal sendiri bisa di istilahkan dengan kata Tahiyat Awal yang biasanya dilakukan pada waktu Shalat Isya, Shalat Dhuhur, Shalat Ashar,Shalat Maghrib, dan Shalat Sunah lainnya yang mempunyai jumlah Raka’at 3 atau 4 Raka’at.

Jika di dalam pelaksanaan Shalat yang  jumlah Raka’atnya hanya 2 Raka’at seperti Shalat Subuh dan Shalat Sunah maka langsung masuk kedalam Tasyahud Akhir bukan Tasyahud Awal. Sehingga perlu di perhatikan oleh kita semua kaum Muslim yang beriman karena di kedua Tasyahud ini mempunyai Bacaan Tasyahud Awal dan Bacaan Tasyahud Akhir yang berbeda atau tak sama.

Tasyahud Awal memiliki manfaat untuk kesehatan kita seperti dapat mengaktifkan kalenjar keringat sehingga dapat mencegah pengapuran dan mengoptimalkan kaki sebagai penopang tubuh kita dan posisi ini dapat menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu untuk berjalan. Sedangkan untuk Bacaan Tasyahud Awal ini sudah  lengkap dengan terjemahan latin dan artinya sehingga anda dengan mudah bisa menghafalkan dan mengamalkan sendiri dirumah.

gerakan-dan-bacaan-tasyahud-awal

bacaan-tasyahud-awal-terlengkap-di-islam

Arti Bacaan Tahiyat Awal di atas adalah, ” Segala kehormatan, keberhakan, kebahagian dan kebaikan bagi Alloh. Selain, Rahmat dan berkah-nya kupanjat-kan kepadamu wahai Nabi Muhammad Saw. Salam kesselamatan semoga tetap untuk kami seluruh hamba yg Shaleh – Shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan Melainkan Alloh dan Aku Bersaksi bahwa Nabi Muhammad Saw adalah utusan Allah. Ya Allah, Limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad Saw ”.

Demikian penjelasan Bacaan Tasyahud Awal yg sudah kami lengkapi dg terjemahan sehingga anda bisa dengan mudah untuk belajar menghafalkannya. Kemudian perlu di ingatkan kepada anda bahwa di dalam Tasyahud Awal ini jari telunjuk pada tangan kanan anda harus menunjuk (Seperti gambar diatas) setelah anda sampai membaca Doa Tasyahud Awal Asyhadu Allaa Ilaaha Illallah sampai selesai membacanya lalu berdiri lagi untuk Raka’at ketiga.

 

Facebook Comments
x

Check Also

Pengertian dan Hukum Operasi Mengganti Kelamin

Pengertian dan Hukum Operasi Mengganti Kelamin

Pengertian Operasi Mengganti Kelamin Operasi ganti kelamin adalah suatu tindakan atau operasi merekonstruksi kembali, dimana ...