Home / Ulumuddin / Fiqh / Syakhsiyah / Dzikir dan Doa

Dzikir dan Doa

Pengertian Dzikir dan Doa

Dzikir dan DoaDzikir dan Doa. Kata dzikir (ذكر) menurut bahasa artinya sama dengan ingat. Sedangkan dzikir menurut pengertian syariat Islam ialah mengingat Allah SWT. Dengan maksud untuk mendekatkan diri kepadanya. Kita sebagai hamba Allah SWT. Diperintah oleh agama supaya selalu berdzikir atau mengingat kepada Allah SWT. Dengan demikian, kita tidak lupa kepada Dzat yang telah menciptakan kita semua dan juga telah menciptakan alam semesta ini. Jika kita selalu mengingat kepada kebesaran dan kekuasaan Allah SWT. Maka dapat terhindar dari penyakit sombong dan takabur. Allah SWT berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا (٤١)

Artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya” (Q.S Al-Ahzab: 41)

Pengertian Dzikir

Pengertian doa (دعاء) menurut bahasa ialah memanggil, meminta tolong, atau memohon sesuatu. Sedangkan doa menurut pengertian syariat Islam adalah memohon sesuatu atau memohon perlindungan kepada Allah SWT. Dengan merendahkan diri dan tunduk kepadanya. Doa merupakan bagian dari pada ibadah, dilakukan pada setiap waktu dan di tempat, karena Allah SWT selalu bersama hambanya dan selalu mengetahui gerak-geriknya. Allah SWT memerintahkan kepada hambanya agar selalu berdoa kepadanya dengan firmannya :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ (٦٠)

Artinya :

“dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu”. (Q.S Al-Mu’min : 60)

Bagi orang mukmin yang ingin mendapatkan keberhasilan dalam kehidupan, ada dua cara yang harus ditempuhnya, yaitu dengan berusaha atau kerja keras dan berdoa kepada Allah SWT. Kedua cara itu harus ditempuh, karena di dalam kehidupan ini ada hal-hal yang dapat dijangkau oleh pemikiran manusia dan tidak dapat dijangkau oleh pemikiran manusia. Oleh sebab itu, di dalam memecahkan persoalan kehidupan ini kedua cara tersebut harus ditempuh secara bersama-sama.

Demikian artikel mengenai Dzikir dan Doa, semoga bermanfaat

======

Silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter @ponpesalbadar

====

Facebook Comments
x

Check Also

Pengertian dan Hukum Operasi Mengganti Kelamin

Pengertian dan Hukum Operasi Mengganti Kelamin

Pengertian Operasi Mengganti Kelamin Operasi ganti kelamin adalah suatu tindakan atau operasi merekonstruksi kembali, dimana ...