Breaking News
Home / Ulumuddin / Akhlaq dan Tausiah / Pengertian, Macam dan Hukum Hasad

Pengertian, Macam dan Hukum Hasad

Pengertian, Macam dan Hukum Hasad

Hasad atau dengki merupakan salah satu  sifat tercela, adapun pengertian hasad adalah menginginkan agar nikmat yang dimiliki orang lain berpindah ke tangannya, atau ketangan orang lain lagi.

Hukum Hasad

Para ulama menyepakati bahwa sifat hasad adalah haram berdasar firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah 109  :

وَدَّ كَثِيرٞ مِّنۡ أَهۡلِ ٱلۡكِتَٰبِ لَوۡ يَرُدُّونَكُم مِّنۢ بَعۡدِ إِيمَٰنِكُمۡ كُفَّارًا حَسَدٗا مِّنۡ عِندِ أَنفُسِهِم مِّنۢ بَعۡدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمُ ٱلۡحَقُّۖ فَٱعۡفُواْ وَٱصۡفَحُواْ حَتَّىٰ يَأۡتِيَ ٱللَّهُ بِأَمۡرِهِۦٓۗ إِنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيۡءٖ قَدِيرٞ ١٠٩

Artinya :  Sebahagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Dalam ayat yang lain juga dijelaskan dalam surah An-Nisaa 54 :

أَمۡ يَحۡسُدُونَ ٱلنَّاسَ عَلَىٰ مَآ ءَاتَىٰهُمُ ٱللَّهُ مِن فَضۡلِهِۦۖ فَقَدۡ ءَاتَيۡنَآ ءَالَ إِبۡرَٰهِيمَ ٱلۡكِتَٰبَ وَٱلۡحِكۡمَةَ وَءَاتَيۡنَٰهُم مُّلۡكًا عَظِيمٗا ٥٤

Artinya : ataukah mereka dengki kepada manusia (Muhammad) lantaran karunia yang Allah telah berikan kepadanya? Sesungguhnya Kami telah memberikan Kitab dan Hikmah kepada keluarga Ibrahim, dan Kami telah memberikan kepadanya kerajaan yang besar

Betapa berbahayanya sikap dengki hingga Rasulullah SAW  bersabda sebagaimana yang diriwayatkan oleh sahabat Zubair bin Awwam bahwa “ kalian telah ditimpa penyakit yang menimpa kaum sebelum kalian, yaitu hasad dan kebencian. Kebencian adalah tukang pangkas yang memangkas ajaran agama, dan bukan memangkas rambut. Demi dzat muhammad yang berada di tangan-Nya, kalian tidak beriman hingga kalian saling menyayangi. Maukah kalian aku beritahu tentang perkara yang jika kalian lakukan, kalian dapat saling berkasih sayang ? sebarkan salam diantara kalian. ( HR Ahmad & Tirmidzi ). Hal yang sama diperkuat oleh Abu Hurairah dengan mengatakan Rasulullah SAW bersabda bahwa “hati hati terhadap hasad, karena hasad dapat melenyapkan kebaikan, sebagaimana halnya api melenyapkan kayu bakar”.

Macam Macam Hasad

hasadPaling tidak ada beberapa macam orang yang memiliki sifat pendengki :

  • Golongan yang ingin agar nikmat yang diperoleh orang lain sirna, usaha ini berupa lisan dan tindakan agar nikmat beralih padanya.
  • Golongan yang tidak menampak sikap hasadnya yang menurut Hasan Al-Bashri terbagi menjadi 2 golongan :
  1. Tidak mampu menghilangkan sifat hasad
  2. Hasad timbul dalam kesadaran penuh, tapi tidak muncul dalam sikap dan tindakan, tapi justru berusaha mendapatkan seperti apa yang telah diraih orang menjadi obyek dengkinya sebagaima yang tertuang dalam surah Al-Qashash ayat 79 yang berbunyi :

فَخَرَجَ عَلَىٰ قَوۡمِهِۦ فِي زِينَتِهِۦۖ قَالَ ٱلَّذِينَ يُرِيدُونَ ٱلۡحَيَوٰةَ ٱلدُّنۡيَا يَٰلَيۡتَ لَنَا مِثۡلَ مَآ أُوتِيَ قَٰرُونُ إِنَّهُۥ لَذُو حَظٍّ عَظِيمٖ ٧٩

Artinya : Maka keluarlah Karun kepada kaumnya dalam kemegahannya. Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia: “Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yang telah diberikan kepada Karun; sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar”

Sifat Hasad menjadi baik jika ditujukan untuk perbuatan baik, sebagaimana sabda Rasulillah SAW :

“ tidak ada hasad kecuali dalam dua hal :  terhadap seseorang yang diberi harta dan mau menginfakkan untuk kebaikan  siang dan malam, dan terhadap seseorang yang diberikan Al-Qur’an lalu membaca dan merefleksikan sepanjang siang dan malam” ( HR Bukhari dan Muslim ).

Demikian artikel sekilas mengenai Pengertian, Macam dan Hukum  Hasad. Semoga bermanfaat.

====

Silahkan like FB Fan Page Facebook atau follow Twitter

====

 

 

 

Facebook Comments

Check Also

Hukum Memakai Rambut Palsu atau Wig

Perkembangan sosial tentu diikuti model gaya hidup yang semakin berkembang pula, berikut pula cara berpenampilan. …