Home / Ulumuddin / Akhlaq dan Tausiah / Ini Pahala Orangtua Mengajarkan Al-Qur’an Pada Anak

Ini Pahala Orangtua Mengajarkan Al-Qur’an Pada Anak

Ini Pahala Orangtua Mengajarkan Al-Qur’an Pada Anak

Pahala Orangtua Mengajarkan Al-Qur’an Pada Anak

Kemajuan peradaban dengan masyarakat yang semakin dinamis dimana dalam satu keluarga, tidak hanya Bapak sebagai kepala keluarga yang mencari nafkah, namun Ibu juga membantu ayah mencari tambahan menambah rezeki untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Ditengah kesibukan tersebut yang terkadang berlangsung seharian sehingga terkadang ketika ayah dan ibu kembali kerumah sudah lelah, memperhatikan pendidikan intensitasnya menjadi berkurang apalagi mengajarkan anak untuk mempelajari Al-Qur’an.

Namun betapa besarnya pahala bagi orang tua yang menyempatkan diri untuk mengajarkan Al-Qur’an pada anaknya. Hal tersebut berdasarkan riwayat Abdullah bin Samrah RA bahwa pada suatu waktu seorang pria datang kepada Rasulullah SAW menanyakan pahala bagi orangtua yang mengajarkan Al-Qr’an pada anaknya, namun Rasulullah mengatakan tidak ada dalam Kalamullah  yang menjelaskan hal ini. Lalu Malaikat Jibril datang dan ditanyai oleh Nabi, wahai Jibril apa pahala orangta yang mengajarkan Al-Qur’an pada anaknya ? Malaikat Jibril As menjawab : “ Wahai Muhammad, Tidak ada disebutkan dalam Al-Qur’an , kemudian Malaikat Jibril AS pun menanyakan kepada Malaikat Israfil AS, bahwa tidak hal tersebut disebutkan dalam Kalamullah, lalu kemudian setelah itu Malaikat Jibril turun menemui Rasulullah dan menyampaikan bahwa Allah menyampaikan salam kepada beliau dan menyampaikan pahala orangtua mengajarkan Al-Qur’an pada anaknya.

Pahala Mengajarkan Al-Qur’an

berikut adalah perumpaan pahala bagi orangtua yang mengajarkan Al-Qur’an pada anaknya :

  1. Seperti sepuluh ribu kali melaksanakan haji
  2. Seperti sepuluh ribu kali melaksanakan umrah
  3. Seperti berperang di sepuluh ribu peperangan.
  4. Seperti memberi makan sepuluh ribu orang muslim yang lapar.

Dalam hadits Rasullah juga bersabda :

وقال عليه الصلاة والسلام من علم ولده اية من القرآن كان له خيراله من عبادة ألف سنة صيام نهارها وقيام الليل فى ليالها, وخير له من ألق دينار تصدق بها على الفقراء والمساكين

Rasulullah SAW bersabda bahwa barang siapa yang mengajarkan anaknya ayat dari Al-Qur’an adalah lebih baik daripada beribadah selama seribu tahun berpuasa pada dan Qiyamullail pada malamnya, dan lebih baik pula dari seribu dinar yang disedekahkan kepada fakir miskin.

Demikian sekilas tulisan mengenai pahala orangtua mengajarkan Al-Qur’an pada anaknya, semoga bermanfaat.

====

Silahkan like FB Fan Page FB Fan Page atau follow Twitter PP. Al-Badar

====

 

 

 

 

Facebook Comments
x

Check Also

Pengertian dan Hukum Operasi Mengganti Kelamin

Pengertian dan Hukum Operasi Mengganti Kelamin

Pengertian Operasi Mengganti Kelamin Operasi ganti kelamin adalah suatu tindakan atau operasi merekonstruksi kembali, dimana ...