Home / Ulumuddin / Keutamaan dan Peristiwa Bersejarah Pada Bulan Muharram

Keutamaan dan Peristiwa Bersejarah Pada Bulan Muharram

Hikmah-2BKeutamaan-2BAmalan-2BDi-2BBulan-2BMuharram
Keutamaan Bulan Muharram

Di samping menjadi awal di hitungnya kalender hijriyah , bulan muharram merupakan lembaran baru bagi umat manusia untuk melukis amal-amal kebaikan yang akan menjadi bekal kelak di hari kiamat. Dalam kitab badi’atul mitsal, sayyidina umar bin khottob rodhiyallohu anhu menjadikan  bulan muharrom sebagai  awal di hitungnya  kalender hjiriyah karena bertendensi bahwa bulan muharram dapat memisahkan antara yang haq dan yang bathil di samping karena para jamaah haji telah pulang dari pelaksanaan ibadah hajinya.

“syahrulloh’’ itulah gelar yang pantas di sandang oleh bulan muharram ini karena keutamaan keutmaan yang di miliknya, sebagaimana hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ. (رواه مسلم:1982)

Artinya: “Puasa yang paling utama setelah puasa bulan Ramadhan adalah puasa bulan Allah yaitu bulan Muharram.” (Hadits riwayat Muslim, no. 1982)

Dalam  hadis di atas  secara tegas Rosululloh SAW  menyandangkan kata syahrulloh kepada kata  muharram ( bulan muharram ), ini tiada lain Karena keutamaan-keutamaan yang di miliknya, seperti puasa asyura’, tasu’a’ dll.

Sesungguhnya bulan Allah bulan  Muharram adalah bulan yang agung dan penuh berkah, ia adalah bulan yang pertama dalam setahun dan salah satu dari bulan-bulan suci yang mana Allah berfirman tentangnya:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ [التوبة : 36]

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu menzhalimi diri kamu dalam bulan yang empat itu…” (QS. at Taubah: 36)

Para mufassirin sepakat bahwa yang di maksud dengan  أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ adalah bulan dzul qo’dah, dzulhijjah, muharram dan rajab. hal ini karena Rasululullah Saw dalam kesempatan haji terakhirnya mendeklarasikan bahwa  “Satu tahun terdiri dari dua belas bulan, empat di antaranya adalah bulan suci. Tiga di antaranya berurutan yaitu Zulqa’dah, Zulhijjah, Muharram dan ke empat adalah bulan Rajab.” Sebagaimana hadis yang diriwayatkan dari Abu Bakrah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلَاثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

Artinya: “Satu tahun ada 12 bulan darinya ada 4 bulan suci: 3 bulan secara berurutan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan bulan Rajab Mudhar antara bulan Jumada dan bulan Sya’ban”. Hadits riwayat Bukhari, no.2958.

Peristiwa Pada Bulan Muharram

Di dalam bulan muharram banyak sekali kejadian-kejadian bersejarah dalam islam, sehingga sangat wajar bulan ini menjadi salah satu dari  bulan-bulan suci yang di sebut dalam al-quran sebagaimana dalam al-quran yang telah kami sebutkan di atas

  1. Bulan di ciptakannya langitdan bumi
  2. Bulan di ciptakannya gunung dan bintang
  3. Bulan di ciptakannya lauhul mahfudhz dan qolam
  4. Bulan di cipptakannya nabi adam as dan hawa
  5. Bulan di ciptakannya surga
  6. Bulan kelahirannya nabi ismail as
  7. Bulan di lepaskanya nabi Ibrahim dari apinya firaun
  8. Bulan tenggelamnya firaun
  9. Bulan kesembuhan penyakit yang sudah lama di dertita oleh nabi ayyub as
  10. Bulan penerimaan taubat nabi adam as
  11. Bulan di lepaskannya nabi yusuf as dari penjara
  12. Bulan di keluarkannya nabi yunus as dari perut ikan
  13. Bulan di angkatnya nabi idris as ke langit untuk mengunjungi surga

Itulah kejadian-kejadian bersejarah dalam islam yang ada di bulan muharram,hingga tidak heran bulan ini mempunyai nilai lebih daripada bulan-bulan yang lain. dalam tulisan ini , al-faqir sengaja tidak menjelaskan tentang keutamaan-keutamaan puasa tasu’a’ dan asyura karena sudah kami jelaskan secara gamblang di artikel sebelumnya. Untuk lebih jelas silahkan rujuk kembali…..semoga bermanfaat ..amiien.

Ditulis oleh : Ust Jamil Fuady

Facebook Comments
x

Check Also

Pengertian dan Hukum Operasi Mengganti Kelamin

Pengertian dan Hukum Operasi Mengganti Kelamin

Pengertian Operasi Mengganti Kelamin Operasi ganti kelamin adalah suatu tindakan atau operasi merekonstruksi kembali, dimana ...