Home / Ulumuddin / Fiqh / Khatib dan Imam Shalat Jumat

Khatib dan Imam Shalat Jumat

Khatib dan Imam Shalat Jumat

Khatib dan Imam Shalat Jumat

Khatib dan Imam Shalat Jumat. Shalat Jumat terdiri dari khutbah, dan shalat sesudahnya yang hanya beberapa shalat saja antaranya. Apakah cukup dilaksanakan oleh satu orang atau lebih masing-masing orang yang melaksanakan. Dalam melaksanakan ini ada dua pendapat:
1. Pendapat mazhab Maliki diisyaratkan adanya imam pada salat Jumat dilaksanakan oleh orang yang menjadi khatib pada waktu itu, kecuali ada udzur, misalnya keluar darah dari hidungnya sehingga sulit untuk menjadi imam. Jika tidak ada udzur, maka salatnya itu batal.
2. Mazhab Syafi’i, Hanafi dan Hambali tidak mensyaratkan pada salat Jumat bahwa khatib itu pula harus menjadi imam. Tapi jika sekiranya itu dilakukan, maka hal itu ( مستحبا ) atau disukai, karena cara seperti ini menghindari perbedaan pendapat, walaupun sebenarnya boleh (memungkinkan) melaksanakan salat Jumat itu dengan khatib oleh seseorang, dan imam oleh orang lain.

Demikian penjelasan tentang Khatib Shalat Jumat dan Imam Shalat Jumat

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter ponpesalbadar

====

Facebook Comments
x

Check Also

Pengertian dan Hukum Operasi Mengganti Kelamin

Pengertian dan Hukum Operasi Mengganti Kelamin

Pengertian Operasi Mengganti Kelamin Operasi ganti kelamin adalah suatu tindakan atau operasi merekonstruksi kembali, dimana ...