Home / Info Pesantren / Kisah Dibalik Marching Band Al-Badar

Kisah Dibalik Marching Band Al-Badar

Marching Band Pondok Pesantren Al-Badar Parepare belum lama terbentuk, peralatan yang tiba pada pertengahan april memaksa Kepala Madrasah Aliyah Al-Badar, Mahfudzah Muiz S. Ag M. Pd.I memutar otak karena kelompok macrhing band ini harus segera terbentuk dan tampil dalam menyambut tamu pada pembukaan acara Sarasehan Nasional Ulama Pesantren dan Cendekiawan pada tanggal 28-29 April 2014 lalu.

1422616_733995939956563_6975039041399086338_n

Singkatnya, kelompok Marching Band beranggotakan gabungan santri Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah terbentuk. Kepala Madrasah Aliyah Al-Badar awalnya meragukan mengingat waktu latihan yang sangat sempit dan melibatkan banyak personel. Keraguan itu berangsur pupus tatkala melalui pengawasannya para anggota Marching Band mengikuti latihan secara intensif yang dipandu instruktur Zaini berangsur  menemukan irama, walaupun selama ini santri belum familiar dengan instrumen musik seperti snare drum, marching band, pianika, dll

Anggota Marching Band Pondok Pesantren Al-Badar kian waktu semakin kompak memainkan aransemen lagu sholatullah yang biasa didendangkan oleh kelompok Band Wali dalam tempo 3 hari, lalu muncul usulan dari pelatih menambah lagu kedua yang cenderung dinamis terinspirasi musik rancak yang dimainkan Marching Band Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang yang memainkan lagu “ Bad Romance “ Lady Gaga. Ada beberapa lagu dengan beragam genre yang diidentifikasi mulai genre dangdut hingga hip metal seperti lagu kereta malam – elvy sukaesih, bad romance – lady gaga, dan hysteria – muse.

10314756_733762626646561_1355354749795636365_nPelatih marching band memilih lagu kereta malam karena dianggap instrumennya mudah dipelajari anggota marching band, bukan berarti lagu bad romance atau hysteria tidak bisa dimainkan, hanya karena kendala waktu latihan yang singkat sehingga pilihan jatuh pada lagu kereta malam lagipula walaupun lagu tersebut lagu lawas, namun sedang in kembali dalam jagad media tanah air.

Akhirnya dengan keterbatasan waktu latihan yang sedikit anggota Marching Band Pondok Pesantren Al-Badar mampu menampilkan lagu shalatullah dan kereta malam menyambut tamu pada pembukaan Sarasehan Nasional Ulama Pesantren dan Cendekiawan di Pondok Pesantren Al-Badar Parepare.

Facebook Comments
x

Check Also

Haflah Akhirussanah Pondok Pesantren Al-Badar

Haflah akhirussanah Pondok Pesantren Al-Badar baru saja selesai, penamatan santri ini berlangsung di Aula Pondok ...