Home / Kumpulan Doa dan Kisah / Kisah Nabi Adam AS Tercipta dan Pembangkangan Iblis Bersujud

Kisah Nabi Adam AS Tercipta dan Pembangkangan Iblis Bersujud

Kisah Nabi Adam AS

nabi adam as

Nabi Adam AS adalah Manusia yang pertama-tama diciptakan oleh Allah SWT. Beliau diciptakan dari tanah liat yang kering diberikan bentuk manusia, kemudian dimasukkan/ditiupkan roh kepadanya sehingga jadilah bentuk manusia sempurna yaitu wujud Nabi Adam AS.

Sebelum Allah menjadikan Nabi Adam, terlebih dahulu Allah sudah menjadikan makhluk lainnya yaitu Malaikat dan Jin/Iblis. Dimana malaikat dijadikan dari nur (cahaya) sedangkan jin/iblis dijadikannya dari api. Kedua makhluk tersebut memiliki sifat dan tabi’at yang berbeda, artinya malaikat adalah makhluk yang suci, tidak memiliki syahwat tidak makan, minum dan tidak beristri, mereka hidup hanya semata-mata melaksanakan perintah Allah SWT.Sedangkan iblis adalah makhluk yang kotor, sombong dan durhaka kepada Allah, memiliki syahwat atau nafsu yang angkara, butuh makan, minum dan beristri, serta memiliki keturunan yang banyak.

setelah Nabi Adam as diciptakan oleh Allah SWT lalu Allah memanggil kedua makhluknya yaitu malaikat dan jin/iblis. Mereka diperintahkannya untuk bersujud (kepada Nabi Adam as). Kemudian semua malaikat sama bersujud kepada Nabi Adam atas perintah Allah SWT kecuali iblis yang membangkan dan tidak mau bersujud kepadanya lantaran ia lebih mulia daripada Nabi Adam, disamping itu ia diciptakan dari api sedangkan Nabi Adam diciptakan dari tanah. Karena itu Allah SWT mengusirnya dari surga dan ia digolongkan orang-orang kafir yang menjadi penghuni neraka.

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلائِكَةِ إِنِّي خَالِقٌ بَشَرًا مِنْ صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ مَسْنُونٍ (٢٨)فَإِذَا سَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِنْ رُوحِي فَقَعُوا لَهُ سَاجِدِينَ (٢٩)فَسَجَدَ الْمَلائِكَةُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُونَ (٣٠)إِلا إِبْلِيسَ أَبَى أَنْ يَكُونَ مَعَ السَّاجِدِينَ (٣١)قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا لَكَ أَلا تَكُونَ مَعَ السَّاجِدِينَ (٣٢)قَالَ لَمْ أَكُنْ لأسْجُدَ لِبَشَرٍ خَلَقْتَهُ مِنْ صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ مَسْنُونٍ (٣٣)قَالَ فَاخْرُجْ مِنْهَا فَإِنَّكَ رَجِيمٌ (٣٤)وَإِنَّ عَلَيْكَ اللَّعْنَةَ إِلَى يَوْمِ الدِّينِ (٣٥)قَالَ رَبِّ فَأَنْظِرْنِي إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ (٣٦)قَالَ فَإِنَّكَ مِنَ الْمُنْظَرِينَ (٣٧)إِلَى يَوْمِ الْوَقْتِ الْمَعْلُومِ (٣٨)قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لأزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الأرْضِ وَلأغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ (٣٩)إِلا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ (٤٠)قَالَ هَذَا صِرَاطٌ عَلَيَّ مُسْتَقِيمٌ (٤١)إِنَّ عِبَادِي لَيْسَ لَكَ عَلَيْهِمْ سُلْطَانٌ إِلا مَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْغَاوِينَ (٤٢)وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ أَجْمَعِينَ (٤٣)لَهَا سَبْعَةُ أَبْوَابٍ لِكُلِّ بَابٍ مِنْهُمْ جُزْءٌ مَقْسُومٌ (٤٤)

Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: “Sesungguhnya aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk, Maka apabila aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniup kan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, Maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud .Maka bersujudlah Para Malaikat itu semuanya bersama-sama, kecuali iblis. ia enggan ikut besama-sama (malaikat) yang sujud itu. Allah berfirman: “Hai iblis, apa sebabnya kamu tidak (ikut sujud) bersama-sama mereka yang sujud itu?” berkata Iblis: “Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk” Allah berfirman: “Keluarlah dari surga, karena Sesungguhnya kamu terkutuk, dan Sesungguhnya kutukan itu tetap menimpamu sampai hari kiamat”. berkata Iblis: “Ya Tuhanku, (kalau begitu) Maka beri tangguhlah kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan ,Allah berfirman: “(Kalau begitu) Maka Sesungguhnya kamu Termasuk orang-orang yang diberi tangguh, sampai hari (suatu) waktu yang telah ditentukan, iblis berkata: “Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma’siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka”. Allah berfirman: “Ini adalah jalan yang lurus, kewajiban Aku-lah (menjaganya) .Sesungguhnya hamba-hamba-Ku tidak ada kekuasaan bagimu terhadap mereka, kecuali orang-orang yang mengikut kamu, Yaitu orang-orang yang sesat. dan Sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya. Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka. (Q.S. Al-Hajr: 28-44)

Keterangan:

  1. Yang dimaksud dengan sujud disini bukan berarti menyembah, akan tetapi sebagai penghormatan
  2. Yang dimaksud iblis adalah memohon agar dia tidak diadzab dari sekarang melainkan diberikan kebebasan hidup sampai hari berbangkit
  3. Yag disini yaitu waktu tiupan pertama tanda permulaan hari kiamat

Demikian artikel Kisah Nabi Adam AS Tercipta dan Pembangkangan Iblis Bersujud, semoga bermanfaat

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter @ponpesalbadar

====

Facebook Comments
x

Check Also

Raja Fir’aun Dan Bala Tentaranya Tenggelam Di Laut Merah

Raja Fir’aun dan bala tentaranya mengejar Nabi Musa beserta pengikutnya sampai di perbatasan (pantai) laut ...