Home / Ulumuddin / Akhlaq dan Tausiah / Sabar Bukan Berarti Sifat Orang Kalah

Sabar Bukan Berarti Sifat Orang Kalah

Sabar Bukan Berarti Sifat Orang Kalah

sabar

Sabar (Ash-Shabru) yaitu suatu sikap yang senantiasa betah atau dapat menahan diri pada kesulitan yang dihadapinya. Tetapi tidak berarti bahwa sabar itu langsung menyerah tanpa upaya untuk melepaskan diri dari kesulitan yang dihadapi oleh manusia. Maka sabar yang dimaksudkannya adalah sikap yang diawali dengan ikhtiar, lalu diakhiri dengan ridha dan ikhlas, bila seseorang dilanda sesuatu cobaan dari Allah.

Pentingnya Menjaga Sifat Sabar

Betapa pentingnya menjaga kesabaran sehingga dalam sebuah hadits juga digambarkan bahwa salah satu ciri-ciri orang yang beriman adalah orang yang tetap menjaga dirinya dengan sifat sabar, sebagaimana hadits yang berbunyi :

الصبر من الإيمان بمنزلة الرأس من الجسد. (رواه الشيخان عن ابى سعيد)

Artinya:

“ Sikap sabar merupakan bagian dari Iman, yang kedudukannya sama dengan kepala dari (seluruh) jasad.”  H.R. Bukhary Muslim, yang bersumber dari Abi Sa’id.

 Ujian Bagi Orang Yang Sabar

Tidak mudah menjaga diri kita untuk tetap bersabar, karena orang yang dengki, iri, memusuhi kita akan berupaya bahkan menggunakan segala cara menghancurkan kita, disitulah ujian sebenarnya terhadap kesabaran kita, hal ini ditegaskan Allah SWT dalam Al-Qur’an :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (٢٠٠)

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.

Berdasarkan ayat tersebut diatas bersabar harus dibarengi kewaspadaan dan tidak menjadikan kita fatalis, sehingga diperlukan bersabar yang baik, sebagaiamana yang dijelaskan dalam ayat yang lain :

فَاصْبِرْ صَبْرًا جَمِيلا (٥)

Artinya : Maka bersabarlah kamu dengan kesabaran yang baik.

Sebagaimana dijelaskan berdasarkan ayat diatas, bahwa bersabar itu bukan merupakan penanda kelemahan yang akan membuat orang yang senantiasa melengkapi diri dengan sikap sabar akan menjadi orang yang kalah, maka sesungguhnya Allah berpihak dan akan membantu orang yang bersabar mencapai kemenangan hakiki, sebagaimana firman Allah SWT :

بَلَى إِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا وَيَأْتُوكُمْ مِنْ فَوْرِهِمْ هَذَا يُمْدِدْكُمْ رَبُّكُمْ بِخَمْسَةِ آلافٍ مِنَ الْمَلائِكَةِ مُسَوِّمِينَ (١٢٥)

Artinya : Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bersiap-siaga, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda.

Kegembiraan Bagi Orang Yang Bersabar

Allah dengan tegas memberi garansi bagi orang yang senantiasa bersabar dengan kegembiraan yang lebih, sebagaimana firman Allah :

إِنْ تَمْسَسْكُمْ حَسَنَةٌ تَسُؤْهُمْ وَإِنْ تُصِبْكُمْ سَيِّئَةٌ يَفْرَحُوا بِهَا وَإِنْ تَصْبِرُوا وَتَتَّقُوا لا يَضُرُّكُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئًا إِنَّ اللَّهَ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطٌ (١٢٠)

Artinya : Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. jika kamu bersikap sabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan.

Pada keterangan ayat yang lain dijelaskan pula :

إِلا الَّذِينَ صَبَرُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ كَبِيرٌ (١١)

Artinya : Kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana), dan mengerjakan amal-amal saleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar.

Berdasarkan ayat yang lain pula :

تِلْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الْغَيْبِ نُوحِيهَا إِلَيْكَ مَا كُنْتَ تَعْلَمُهَا أَنْتَ وَلا قَوْمُكَ مِنْ قَبْلِ هَذَا فَاصْبِرْ إِنَّ الْعَاقِبَةَ لِلْمُتَّقِينَ (٤٩)

Artinya : Itu adalah di antara berita-berita penting tentang yang ghaib yang Kami wahyukan kepadamu (Muhammad); tidak pernah kamu mengetahuinya dan tidak (pula) kaummu sebelum ini. Maka bersabarlah; Sesungguhnya kesudahan yang baik adalah bagi orang-orang yang bertakwa.

Begitu juga dalam Hadits, antara lain disebutkan:

ومن يتصبر يصبره الله, وما اعطى احد عطاء خيرواوسع من الصبر. (متفق عليه)

Artinya:

“ barang siapa yang bersabar, maka ia diberi kekuatan oleh Allah. Seseorang diberi kebaikan oleh Allah, dan kelapangan hidup karena ia telah bersikap sabar.”  H.R. Bukhary Muslim.

Demikian tulisan singkat mengenai peran penting agar kita senantiasa menjaga sifat sabar menjadi bagian dari pribadi kita. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam.

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter @ponpesalbadar

====

Facebook Comments
x

Check Also

zuhud

Pengertian, Macam dan Cara Mencapai Zuhud

Zuhud menurut  bahasa artinya meninggalkan, tidak menyukai, atau menjauhkan diri. Sedangkan secara istilah tidak mementingkan ...