Home / Ulumuddin / Fiqh / Syakhsiyah / Memukul Istri Menurut Islam

Memukul Istri Menurut Islam

Memukul Istri Menurut Islam

Memukul Istri menurut Islam Diperbolehkan ? Apakah ini bukan Kekejaman ?

Kebolehan Memukul Istri menurut Islam

Memukul Istri Menurut Islam

Diperbolehkan bagi seorang suami memukul istri menurut islam dengan kondisi tertentu dan syarat yang sangat banyak. Dalil yang menjelaskan kebolehannya berdasarkan surah An-Nisaa ayat 34 :

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ وَاللاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلا إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا (٣٤)

Artinya : kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. sebab itu Maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri[289] ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)[290]. wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya[291], Maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. kemudian jika mereka mentaatimu, Maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya[292]. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.

Tafsir ayat :

[289] Maksudnya: tidak Berlaku curang serta memelihara rahasia dan harta suaminya.

[290] Maksudnya: Allah telah mewajibkan kepada suami untuk mempergauli isterinya dengan baik.

[291] Nusyuz: Yaitu meninggalkan kewajiban bersuami isteri. nusyuz dari pihak isteri seperti meninggalkan rumah tanpa izin suaminya.

[292] Maksudnya: untuk memberi pelajaran kepada isteri yang dikhawatirkan pembangkangannya haruslah mula-mula diberi nasehat, bila nasehat tidak bermanfaat barulah dipisahkan dari tempat tidur mereka, bila tidak bermanfaat juga barulah dibolehkan memukul mereka dengan pukulan yang tidak meninggalkan bekas. bila cara pertama telah ada manfaatnya janganlah dijalankan cara yang lain dan seterusnya.

Baca Juga  Menggantikan Haji Orang Lain

Tahapan Memukul Istri menurut Islam

Akan tetapi wajib hukumnya mendahulukan beberapa tahapan sebelum memukul istri menurut islam. Adapun tahapannya agar tidak timbul hubungan yang tidak harmonis antara hubungan suami istri, suami berperilaku baik terhadap istri, memberi petunjuk jika istri melakukan kesalahan, memperingatkan istri, menakut-nakuti istri, meminta beberapa keluarga istri untuk memberi nasehat tegas, pisah ranjang dengan istri, jika istri tetap melakukan pemberontakan dan melawan, pukullah dengan pukulan tidak keras yang tidak mengalirkan darah istri, tidak memotong secuil daging dari tubuh istri, tidak mematahkan tulang, tidak mengenai wajah

Hingga dikatakan bahwa memukul istri menurut islam menurut hal ini menggunakan siwak atau sejenisnya, akan tetapi menghentikan pemukulan lebih afdal, sebagaimana sabda Rasulullah Saw :

أم يستحي احدكم أن يضرب امرأته كما يضرب العبد, يضربها أول النهار , شم يجامعها أخر الليل ؟

Artinya : Rasululullah bersabda : Tidakkah diantara kalian malu memukul istri nya sebagaimana memukul seorang budak, memukulnya diawal matahari terbit, lalu menyetubuhinya dikala malam hari ?

Demikian tulisan mengenai Memukul Istri Menurut Islam, semoga bermanfaat

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter ponpesalbadar

====

Baca Artikel Lainnya :
comments
x

Check Also

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Sogok Menyogok Sogok menyogok atau risywah atau dalam bahasa kita “ rasuah “ adalah ...