Home / Ulumuddin / Ibadah / Pengertian dan Pentingnya Niat

Pengertian dan Pentingnya Niat

Pengertian dan Pentingnya Niat

pengertian dan pentingnya niat

Niat berarti sebuah kehendak ( bukan lafadz atau ucapan ) yang bersamaan dengan sebuah pekerjaan seseorang, jika kehendak tersebut tidak bersamaan dengan pekerjaannya, itu bukan niat, melainkan ‘azm semisal “ saya mau belajar “namun dia masih diam di tempat tanpa ada reaksi, begitulah kira kira para ulama menggambarkan niat.

Niat merupakan pondasi bagi setiap pekerjaan layaknya beton yang menjadi pondasi bagi setiap bangunan, tanpa adanya pondasi ( beton ) yang kokoh bangun tidak akan bisa berdiri kuat dan tegak begitu juga tanpa adanya pondasi (niat )  yang kokoh ,  pekerjaan tidak bisa terselesaikan dengan sempurna alias terbengkalai. Terbukti ,tidak sedikit dari  para pelajar yang mogok di tengan jalan dengan pelajarannya, hal itu tiada lain karena mereka tidak memiliki pondasi ( niat ) yang kokoh dalam belajar. Untuk itu bagi seorang pelajar ketika hendak meniti jalan kesuksesan, hendaklah tanamkan niat dan tekad yang kokoh dalam diri kita, sebab hal itu akan menentukan kesuksesan kita di masa depan.

Disamping itu niat dapat merubah segala pekerjaan, maksudnya, banyak sekali pekerjaan pekerjaan yang berbau duniawi ( tidak dapat pahala jika di kerjakan ) akan berbuah pahala sebab bagusnya niat, semisal makan,tidur mandi dan lain lain, jika kita makan atau tidur kemudian ketika sertakan dengan niat yang bagus. Contoh,” saya mau makan agar kuat ibadah’’, maka pekerjaan makan tersebut akan di catat sebagai pahala bagi pelakunya. Begitu juga sebaliknya, tidak sedikit pekerjaan pekerjaan yang berbau akhirat ( dapat pahala jika di kerjakan ) akan berubah menjadi maksiat kepada Allah SWT, contohnya belajar, shodaqoh dan lain sebagainya. Jika kita bershodaqoh kemudian di sertai dengan niat yang jelek semisal ingin di puji orng lain alias riya’, maka jangan harap shodaqoh itu akan berbuah pahala justru shodaqohnya sia sia dan dia di anggap bermaksiat kepada Allah SWT sebab riya’ ( melakukan sesuatu bukan karna Allah SWT ) yang merupakan salah satu maksiatnya hati, jadi niat memiliki peranan yang sangat urgen bagi setiap pekerjaan .

Baca Juga  Hukum Menyentuh Dan Membawa Kitab Tafsir Saat Berhadas

Itulah sedikit ulasan tentang pengertian dan pentingnya niat bagi pekerjaan kita, semoga artikel ini bisa  bermanfat bagi kita semua, khususnya bagi penulis pribadi. Semoga bermanfaat..!!

Ditulis oleh Ustadz Jamil Fuady

====

Silahkan like FB Fan Page FB Fan Page atau follow Twitter PP. Al-Badar

====

 

 

Baca Artikel Lainnya :
comments
x

Check Also

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Sogok Menyogok Sogok menyogok atau risywah atau dalam bahasa kita “ rasuah “ adalah ...