Home / Ulumuddin / Aqiqah ?, Perhatikan Hal Ini ..

Aqiqah ?, Perhatikan Hal Ini ..

aqiqah

Secara garis besar  aqiqah dalam kaca mata syara’ berarti  penyemeblihan bintang ternak pada hari ke tujuh  dari kelahiran anak laki-laiki ataupun perempuan . Pada hari seorang anak di beri nama yang paling baik dan mencukur rambutnya. Hal ini berdsakan sebuah hadis yang di riwayatkan oleh imam at-turmudzi

Rasulullah SAW bersabda :

الغلام مرتهن بعقيقته تذبح عنه يوم السابع ويحلق رأسه ويسمى
yang artinya : setiap anak yang baru lahir itu tergadaikan  (menjadi tanggungan ) dengan aqiqahnya sampai di sembelih  (aqiqah) itu untuknya pada harike tujuh.di cukur dan diberi nama ”

Di dalam literatur kitab klasik aqiqah di kenal juga dengan sebutan “ nasikah atau dzabihah “ dan ini sebutan yang lebih utama, bahkan ada sebagian ulama yang menhukumi makruh dengan penyebutan aqiqah , hal ini karna kata aqiqah terkadang memberi isyarah bahwa seorang anak يعق ( durhaka ) terhadap kedua orang tuanya.namun pendapat yang mu’tamad  hal itu tidak berhukum mkaruh ,sebab telah banyak di sebutkan dalam beberapa hadis

Hukum Aqiqah

Bedasarkan hadis di atas aqiqah berhukum sunnah muakkad bagi seorang kedua orang tua yang Aqiqah hukumnya sunnah muakkad bagi kedua orang tua yang memiliki tanggungan belanja atasnya , beda halnya apabila dia bernadzar untuk beraqiqah ,maka hukum berbalik menjadi wajib..

Adapun hewan ternak yang di anggap cukup dalam aqiqah adalah 2 kambing apabila anaknya laki-laki dan 1 kambing apabila anaknya perempuan , namun dalam kajian kitab fiqih 1/7 sapi atau unta setara dengan 1 kambing dalam artian 1/7 unta di anggap cukup untuk aqiqahnya anak perempuan .

Ketentuan dan syarat binatang untuk aqiqah sama dengan ketentuan dan syarat binatang qurban.

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Penyembelihan aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh kelahiran anak atau hari keempat belas atau hari kedua puluh satu. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW :

Dari Abdullah bin Buraidah dari ayahnya dari Nabi SAW, sesungguhnya Nabi telah bersabda : “Aqiqah itu disembelih pada hari ketujuh kelahiran anak atau hari keempat belas atau hari kedua puluh satu.” (HR. Al-Baihaqi).

Hal-hal yang Disunnahkan Waktu Melaksanakan Aqiqah

  1. Membaca basmalah.
  2. Membaca sholawat atas Nabi.
  3. Membaca takbir.
  4. Membaca doa.

اللهم هذه منك واليك اللهم هذه عقيقة…………فتقبل مني

  1. Di sembelih keitika terbitnya matahari
  2. Daging aqiqah dibagikan kepada fakir miskin dan tetangga setelah dimasak terlebih dahulu.
  3. Pada hari itu anak dicukur rambutnya dan diberi nama dan bersedekah seberat rambut bayi yang baru dicukur dengan nilai 1/2 atau 1 dirham. Sebagian ulama berpendapat bahwa sedekah itu seberat timbangan rambut bayi dengan nilai harga emas/perak.

Rasulullah SAW bersada :
Dari Ali bin Abi Thalib ia berkata, Rasulullah SAW telah mengaqiqahkan Hasan dengan seekor kambing, maka Nabi bersabda : “Hai Fathimah, cukurlah rambutnya, bersedekahlah dengan perak seberat rambutnya.” Kemudian Ali berkata lagi : Fathimah kemudian menimbangnya satu dirham atau 1/2 dirham. (HR. At-Turmudzi).

Ditulis oleh :

Ustadz Jamil Fuady

====

Silahkan like Facebook Fan Page albadarparepare atau follow twitter ponpesalbadar

====

Facebook Comments
x

Check Also

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Dan Hukum Sogok Menyogok

Pengertian Sogok Menyogok Sogok menyogok atau risywah atau dalam bahasa kita “ rasuah “ adalah ...