Home / Ulumuddin / Tafsir / Cara Mengetahui Surah Makkiyah dan Madaniyah

Cara Mengetahui Surah Makkiyah dan Madaniyah

Cara Mengetahui Surah Makkiyah dan Madaniyah

Surah Makkiyah adalah surah yang diturunkan di Mekkah walaupun turunnya itu setelah hijrah. Sedangkan surah Madaniyah adalah surah yang diturunkan di Madinah. Hanya saja, surah yang turun di daerah sekitar Mekkah untuk selanjutnya dikategorikan sebagai surah Makkiyah, demikian juga dengan daerah-daerah sekitar madinah, maka secara langsung menjadi surah Madaniyah. Klasifikasi ini tentunya berdasar pada lokasi tempat surah tersebut diwahyukan, meski tidak semua surah bisa digeneralisir dalam dua kelompok tadi.

539406671_6b4a3c556c_b

Tanda Surah Makkiyah dan Madaniyah

Dari keterangan para sahabat dan tabi’in dketahui bahwa tanda tanda dari surah makkiyah dan madaniyah.

Tanda Surah Makkiyah

Setiap surah yang didalamnya mengandung “sajdah” maka surah itu makkiyah.
Setiap surah yang mengandung lafaz “kallâ” berarti makkiyah. Lafaz ini hanya terdapat dalam separuh terakhir dari al-Qur`an dan disebutkan sebanyak tiga puluh tiga kali dalam lima belas surah.
Setiap surah yang mengandung “yâ ayyuhannâs” dan tidak mengandung “yâ ayyuhâlladzîna âmanû”, berarti makkiyah. Kecuali surah al-Hajj yang pada akhir surah terdapat ayat “yâ ayyuhâlladzîna âmanûr ka’û wasjudû”. Namun demikian sebagian besar ulama berpendapat bahwa ayat tersebut adalah makkiyah.
Setiap surah yang menngandung kisah para nabi umat terdahulu adalah makkiyah, kecuali surah al-Baqarah.
Setiap surah yang mengandung kisah Adam dan iblis adalah makkiyah, kecuali surat al-Baqarah.
Setiap surah yang dibuka dengan huruf-huruf singkatan seperti Alif Lam Mim, Alif Lam Ra, Ha Mim dll, adalah makkiyah, kecuali surah al-Baqarah dan Alu ‘Imran, sedang surah al-Ra’d masih diperselisihkan.
Tema dan Gaya Bahasa Surah Makkiyah
Dari segi ciri tema dan gaya bahasa, ayat makkiyah dapatlah diringkas sebagai berikut :
Ajakan kepada tauhid dan beribadah hanya kepada Allah, pembuktian mengenai risalah, kebangkitan dan hari pembalasan, hari kiamat dan kengeriannya, neraka dan siksanya, surga dan nikmatnya, argumentasi dengan orang musyrik dengan menggunkan bukti-bukti rasional dan ayat-ayat kauniah.
Peletakan dasar-dasar umum bagi perundang-undangan dan ahlak mulia yang menjadi dasar terbentuknya suatu masyarakat, dan penyingkapan dosa orang musyrik dalam penumpahan darah, memakan harta anak yatim secara zalim. Penguburan hidup-hidup bayi perempuan dan tradisi buruk lainnya.
Menyebutkan kisah para nabi dan umat-umat terdahulu sebagai pelaran bagi mereka sehingga megetahui nasib orang yang mendustakan sebelum mereka, dan sebagai hiburan buat Rasulullah SAW sehingga ia tabah dalam mengadapi gangguan dari mereka dan yakin akan menang.
Suku katanya pendek-pendek disertai kata-kata yang mengesankan sekali, pernyataannya singkat, ditelinga terasa menembus dan terdengar sangat keras. Menggetarkan hati, dan maknanya pun meyakinkan dengan diperkuat lafal-lafal sumpah, seperti surah-surah yang pendek-pendek dan perkecualiannya hanya sedikit.

Tanda  Surah Madaniyah

Setiap surah yang berisi kewajiban atas had (sanksi) adalah madaniyah.
Setiap surah yang di dalamnya disebutkan orang-orang munafik adalah madaniyah, kecuali surah al-Ankabut adalah makkiyah.
Setiap surah yang di dalamnya terdapat dialog dengan ahli kitab adalah madaniyah.
Tema dan Gaya Bahasa surat Madaniyah
Dari segi ciri khas, tema dan gaya bahasa, dapatlah diringkaskan sebagai berikut :
Menjelaskan ibadah, muamalah, had, kekeluargaan, warisan, jihad, hubungan sosial, hubungan internasiaonal baik di waktu damai maupun perang, kaidah hukum dan masalah perundang-undangan.
Seruan terhadap ahli kitab, dari kalangan yahudi dan nasrani. Dan ajakan kepada mereka untuk masuk Islam, penjelasan mengenai penyimpangan mereka, terhadap kitab-kitab Allah, permusuhan mereka terhadap kebenaran, dan perselisihan mereka setelah ilmu datang kepada mereka karena rasa dengki di antara sesama mereka.
Menyingkap perilaku orang munafik, menganalisi kejiwaannya, membuka kedoknya, dan menjelaskan bahwa ia berbahaya bagi agama.
Suku kata dan ayat-ayatnya panjang-panjang dan dengan gaya bahasa yang memantapkan syariat serta menjelaskan tujuan dan sasarannya.

Manfaat Mengetahui Surah Makkiyah dan Madaniyah

Dengan mengetahui makki dan madani akan membawa hikmah dan faedah serta kegunaan yang beragam antara lain :

  1. Mudah diketahui mana ayat ayat yang turun lebih dahulu dan mana ayat yang turun belakangan dari kitab suci Al-Qur’an.
  2. Mudah diketahui mana ayat-ayat Al-Qur’an yang hukum bacaannya telah dinasakh dan mana ayat yang menasakhnya.
  3. Mengetahui dan mengerti sejarah pensyariatan hukum Islam yang amat bijaksana dalam menetapkan peraturan-peraturan.
  4. Mengetahui hikmah disyariatkannya suatu hukum.
  5. Menambah keyakinan terhadap kewahyuan Al-Qur’an
  6. Meningkatkan keyakinan terhadap kesucian, kemurnian dan keaslian Al-Qur’an.
  7. Mengetahui perbedaan dan tahap dakwah islamiyah.
  8. Mengerti perbedaan uslub-uslub Al-Qur’an
  9. Dapat mengetahui kondisi dan situasi masyarakat Mekah dan Madinah.

====

Silahkan like Facebook Fan Page ponpesalbadar atau follow twitter ponpesalbadar

Silahkan menyebarluaskan dengan menuliskan link sumber

====

Facebook Comments
x

Check Also

nasikh dan mansukh

Pengertian, Macam, Hikmah Nasikh dan Mansukh

Pengertian Nasikh dan Mansukh. Nasikh dan Mansukh secara etimologis adalah mengganti atau menghapus. Menurut terminologi; ...