Home / Syeikhona Prof. Dr. KH. Abd Muiz Kabry / Al-Qaulu Shadiq / Perbedaan Antara Ingatan dan Fikiran

Perbedaan Antara Ingatan dan Fikiran

Perbedaan Antara Ingatan dan Fikiran

pengabdian lahir

Salah satu mas’alah yang perlu pula diketahui adalah perbedaan antara  fikiran dan ingatan, sebab kadang kala terjadi dalam kehidupan kita seseorang itu hanya ‘berfikir’  lalu dikira dirinya ‘mengingat’ tuhan , sehingga berpendirian bahwa dirinya telah berada disisi Tuhannya  karena ingatannya, pada hal sebenarnya tidak demikian sebab keadaan dirinya adalah dalam keadaan berfikir, bukan mengingat.

Kenyataan ini membawa akibat terjadinya perbedaan antara dirinya disatu pihak dan perbuatan hatinya di lain pihak yang membawa pengaruh negative terhadap keyakinan beragamanya.

Pengabdian secara bathiniyah (hati) dengan mengarahkan ingatan sebagai kompas pengarah terhadap sasaran yang akan dituju, berbeda dengan pengabdian yang menggunakan standard fikiran.

Perbedaan diatas akan nampak lebih jelas apabila analisa didasarkan pada pemahaman dan penghayatan terhadap idea (gagasan) yang lahir dari hati, yaitu :

  1. Angan-angan : yaitu gerak gerik hati untuk menemukan sesuatu yang wujudnya belum tentu.
  2. Anggapan : yaitu gerak gerik hati untuk menemukan sesuatu yang dikehendaki sesudah difikirkan kemungkinannya.
  3. Fikiran : yaitu terarahnya hati dalam mengusahakan sesuatu dipergunakan yang secara pasti kemungkinannya dapat dicapai, segala sesuatu itu adalah selain dari pada yang berhubungan dengan Tuhan.
  4. Ingatan : ialah ketetapan (istiqamahnya) hati manusia menghadap kehadirat Allah SWT.

Dari sinilah orang mengambil pengertian bahwa sebagaimana yang telah disebutkan diatas tadi bahwa secara pondamentil terdapat perbedaan antara ‘ingatan’ dan ‘fikiran’. Demikian pula halnya terhadap pemahaman-pemahaman atas ide (gagasan) yang lahir dari hati.

====

Silahkan like FB Fan Page Facebook atau follow Twitter

====

Facebook Comments
x

Check Also

Tata Cara Mengingat Kepada Allah SWT

Tata Cara Mengingat Kepada Allah SWT Menjadi tekad bagi setiap orang yang senantiasa mengingat kepada ...