Home / Info Pesantren / Test Potensi Keagamaan dan Akademik Santri Baru

Test Potensi Keagamaan dan Akademik Santri Baru

TPKA Santri Baru 2013/2014

santri baru 2013

Ahlan Wa Sahlan santri baru tahun pelajaran 2013/2014, kalimat tersebut selayaknya terucap setelah para santri baru mengikuti rangkaian tes potensi keagamaan maupun akademik yang berlangsung pada tanggal 25/07/2013 di Aula mini Pondok Pesantren Al-Badar DDI Parepare.

Seratusan santri mengikuti tahapan tes yang meliputi kemampuan baca tulis Al-Qur’an, pengetahuan agama, dan kemampuan bahasa. Tes ini tidak ditujukan untuk hal yang sifatnya selektif dalam penyaringan santri baru, namun untuk melihat kemampuan tiap santri baru, sehingga menjadi frame bagi azatids Pondok Pesantren Al-Badar DDI dalam menstimulasi peningkatan kemampuan akademik santri pada tahap selanjutnya.

Adapun santri baru tahun ini berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan, dan beberapa orang santri baru yang berasal dari luar Sulsel belum nampak hadir karena berbagai hal yang nantinya akan mengikuti tahapan tes yang dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri 2013.

Kegiatan santri baru selanjutnya adalah mengikuti kegiatan tahunan Amaliyah Usbu’iyah selama sepekan, kegiatan tersebut berupa pengenalan amaliyah ubudiyah yaumiyah, sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan sehari hari. Kegiatan itu direncanakan berlangsung hingga beberapa hari menjelang bulan ramadhan.

 

Facebook Comments
x

Check Also

Munaqosyah Kitab Kuning Santri

Sebagai pesantren yang tetap berupaya memelihara tradisi keilmuan pondok pesantren terutama dibidang pengetahuan kitab kuning, ...