Home / Kolom / Tips Lengkap Puasa Ramadhan 2013

Tips Lengkap Puasa Ramadhan 2013

Tips Lengkap Puasa Ramadhan 2013

Puasa Ramadhan 2013 tidak lama lagi, persiapan demi persiapan dilakukan karena tentu kita berkeyakinan bahwa puasa ramadhan 2013 akan memberi suplemen pahala yang besar sebagaimana puasa ramadhan kita pada tahun-tahun sebelumnya.

puasa ramadhan 2013

Untuk itu dperlukan tips yang efektik bagaimana kita mengahadapi puasa ramadhan 2013 dengan lebih baik, agar kualitas ibadah kita lebih meningkat berikut beberapa tips agar demi kelancaran puasa kita :

Jangan Lupa Makan Sahur

Rasulullah bersabda : “sahurlah, karena didalamnya terdapat berkah yang besar”.  Puasa membuat tubuh kita kurang mendapat asupan gizi memadai, sehingga seyogyanya kita menjaga dengan makan sahur.

Tadarrus dan Mengkhatamkan Al-Qur’an
Bulan Ramadhan adalah bulan Al-Quran. Pada bulan inilah Al-Qur’an pertama kali turun dari lauhul mahfuz ke langit dunia sekaligus. Allah berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ ..(١٨٥)

Artinya : (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).
Shalat Tarawih
Rasulullah Saw. bersabda:

من قام رمضان إيماناً واحتساباً غُفر له ما تقدم من ذنبه

Artinya: Barangsiapa menegakkan Ramadhan dalam keadaan beriman dan mengharap balasan dari Allah k, niscaya diampuni dosa yang telah lalu.

Perbanyak Doa
Orang yang berpuasa ketika berbuka adalah salah satu orang yang doanya mustajab. Oleh kerana itu perbanyaklah berdoa ketika sedang berpuasa lebih-lebih lagi ketika berbuka. Berdoalah untuk kebaikan diri kita, keluarga, bangsa, dan saudara-saudara kita sesama muslim di belahan dunia.

Memberi Buka Puasa
Hendaknya berusaha untuk selalu memberikan ifthar (berbuka) bagi mereka yang berpuasa walaupun hanya seteguk air ataupun sebutir kurma sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi: “Barang siapa yang memberi ifthar (untuk berbuka) orang-orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangkan sedikitpun “. (Bukhari Muslim)
Bersedekah
Rasulullah Saw. bersabda: “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan” (HR. Tirmizi).
Dan pada akhir bulan Ramadhan Allah mewajibkan kepada setiap muslim untuk mengeluarkan zakat fitrah sebagai penyempurna puasa yang dilakukannya.

I’tikaf

I’tikaf (i’tikof ) secara lughawi berarti berdiam diri, tetap pada sesuatu. Sedangkap Itikaf dalam perspektif istilah syara’ adalah berdiam diri di masjid sebagai ibadah yang disunatkan pelaksanaannya setiap waktu terutama jika dilaksanakan pada bulan ramadhan.

عن ابن هريرة رضى الله عنه ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : من قام رمضان ايمانا واحتسابا, غفر له ما تقدم من ذنبه {متفق عليه}

Artinya : Dari Abu Hurairah RA sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda : Siapa saja yang beribadah pada bulan ramadhan lantaran iman dan pahala, maka niscaya akan diampuni dosanya yang telah berlalu. ( Muttafaqun Alaih).

Melakukan Ibadah Umrah
Ramadhan adalah saat terbaik untuk melaksanakan umrah, kerana umrah pada bulan Ramadhan memiliki pahala seperti pahala haji bahkan pahala haji bersama Rasulullah Saw. Beliau bersabda: “Umrah pada bulan Ramadhan seperti haji bersamaku.”

Demikian Tips Lengkap Puasa Ramadhan 2013, semoga bermanfaat.

====

silahkan like FB Fanspage ponpesalbadar dan follow twitter @ponpesalbadar

====

Facebook Comments
x

Check Also

bawaslu

Tugas, Wewenang, dan Kewajiban Bawaslu

Bawaslu  merupakan singkatan Badan Pengawas Pemilihan Umum (disingkat) adalah lembaga penyelenggara Pemilu yang bertugas mengawasi ...